NUSANTARA

Anggaran PNPM Mandiri Kalbar Berkurang

Jayanti Mandasari

Anggaran PNPM Mandiri Kalbar Berkurang
PNPM, Kalbar

KBR68H,Pontianak - Tahun depan anggaran Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri di Kalimantan Barat turun hampir setengah.

Koordinator PNPM Mandiri Kalimantan Barat Fahrurizal mengatakan, dana PNPM Mandiri yang dianggarkan pada tahun depan hanya sekitar Rp160

miliar. Tahun ini anggarannya mencapai Rp 280 miliar. Dana PNPM Mandiri dikurangi karena tiga kabupaten di Kalimantan Barat ditetapkan sebagai kabupaten terintregasi dengan pemerintah. Tiga kabupaten tersebut diantaranya Kabupaten Kubu Raya, Sanggau dan Kapuas Hulu.

"Yang terasa penurunannya itu di Kabupaten Kapuas Hulu, Kubu Raya dan Sanggau. Tiga kabupaten itu menjadi kabupaten Pilot Integrasi jadi PNPM Mandiri Pedesaan. Namanya SPPN. Itu diisyaratkan memang ingin memperbanyak dukungan pembiayaan dari pemda. Tapi mereka menjadi contoh untuk pola pengintegrasian sistem model perencanaan pembangunan," kata Fahrurizal.

Koordinator PNPM Mandiri Kalimantan Barat Fahrurizal Fahrurizal menambahkan saat ini penyerapan anggaran PNPM Mandiri di beberapa Kabupaten kota bahkan telah mencapai 100 persen. Seperti, di Kota Pontianak, Kabupaten Sanggau, Kayong Utara, Sekadau, Kapuas Hulu dan Ketapang.


  • PNPM
  • Kalbar

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!