Bagikan:

Pengibaran Bintang Kejora, Polisi Sebut Ada Penyusup di Kampus USTJ

Dari sembilan orang yang sudah ditetapkan sebagai tersangka, ada beberapa yang bukan berstatus mahasiswa USTJ.

NUSANTARA

Rabu, 16 Nov 2022 17:20 WIB

Pengibaran Bintang Kejora, Polisi Sebut Ada Penyusup di Kampus USTJ

Ilustrasi: Salah satu mahasiswa terpidana makar saat bebas dari Lapas Abepura, Selasa, 27 September 2022. Foto: KBR/Arjuna

KBR, Jayapura- Kepolisian Resor Kota (Polresta) Jayapura, Papua, menyebut ada yang menyusup ke Universitas Sains dan Teknologi Jayapura (USTJ), dan mengibarkan bendera Bintang Kejora di halaman kampus tersebut pada Kamis, 10 November 2022.

Kapolres Kota (Kapolresta) Jayapura, Victor Mackbon mengatakan dari sembilan orang yang sudah ditetapkan sebagai tersangka, ada beberapa yang bukan berstatus mahasiswa USTJ.

Tiga dari sembilan orang yang ditangkap diduga melanggar Pasal 106 KUHP tentang Makar, dan enam lainnya dikenakan Pasal 212 KUHP tentang Kekerasan atau Ancaman Kekerasan Melawan Pejabat yang Menjalankan Tugas yang Sah.

Menurut Victor, beberapa tersangka pernah terlibat pengibaran bendera Bintang Kejora di halaman GOR Cenderawasih, Jayapura, awal Desember 2021.

"Untuk kasus yang terjadi di USTJ, itu hasil dari pada pemeriksaan sampai dengan hari ini, tidak semuanya yang menjadi tersangka ini juga berstatus sebagai mahasiswa. Jadi ada orang yang di luar kampus yang melakukan aksi makar dan juga aksi melawan petugas," kata Victor Mackbon, Selasa, (151/11/2022).

Baca juga:

Kapolres Kota (Kapolresta) Jayapura, Victor Mackbon menambahkan, penyidik masih menelusuri lebih jauh keberadaan pihak yang bukan mahasiswa USTJ, dalam kegiatan mimbar bebas dan aksi pengibaran bendera Bintang Kejora.

Mereka yang ditetapkan sebagai tersangka makar berinisial AFE, DT dan YEMN. Sedangkan enam lainnya yang dikenakan pasal mengancam petugas dengan kekerasan, adalah AH, NM, TMGS, MW, RNRK, dan DW.

Sebelumnya, polisi menangkap 15 orang di Kampus USTJ Jayapura saat mahasiswa menggelar mimbar bebas yang diwarnai pengibaran Bintang Kejora, Kamis, 10 November 2022.

Pengibaran bendera Bintang Kejora dilakukan untuk memperingati 21 tahun kematian tokoh pejuang kemerdekaan Papua, Theys Hiyo Eluay. Dalam aksinya ketika itu, mahasiswa juga menyatakan menolak rencana dialog damai yang digagas Komnas HAM.

Editor: Sindu

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Kejar Tayang Pengesahan RKUHP

Most Popular / Trending