Bagikan:

Hari 10 Evakuasi Gempa Cianjur, Pencarian Fokus di 3 Lokasi

"Kita optimalkan lagi dengan penggunaan eskavator. Begitu juga dengan tim Basarnas"

NUSANTARA

Rabu, 30 Nov 2022 10:36 WIB

pencarian korban

Tim SAR gabungan mengevakuasi jenazah korban gempa Cianjur di Cijedil, Jabar, Selasa (29/11/22). (Antara/Novrian Arbi)

KBR, Bandung- Tim gabungan memfokuskan pencarian korban gempa bumi tektonik darat berkekuatan M5.6 di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, di tiga lokasi.  Lokasi tersebut antara lain kawasan Cigede, Cicadas, dan Mangunkerta. Untuk Mangunkerta, merupakan laporan terbaru dari masyarakat bahwa terdapat dua warganya yang hilang.

Menurut Kepala Seksi Operasional dan Kesiagaan Badan Search and Rescue (Basarnas) Jawa Barat, Supriono, pencarian korban gempa bumi yang diduga masih belum ditemukan atau pun terluka dilakukan di kawasan lainnya dengan mengerahkan anggota yang ada.

"Target pelaksanaan operasi SAR hari ke-10, kita maksimalkan unsur SAR yang tersedia. Salah satunya Satops (satuan operasi), K9 (anjing pelacak) Polda Jabar, terus kita optimalkan lagi dengan penggunaan eskavator. Begitu juga dengan tim Basarnas Special Grup, masih ada empat tim yang ada di lapangan," ujar Supriono saat siaran pers daring dari akun Youtube Cianjurkab TV, ditulis Bandung, Rabu (30/11).

Supriono mengatakan terus mengoptimalkan seluruh anggotanya guna melakukan pencarian korban gempa bumi di Kabupaten Cianjur. Kata dia,   optimalisasi anggotanya dalam pencarian korban gempa bumi ini, titik beratnya di daerah Cigede dan Cicadas.

 Baca juga:

Sedangkan untuk dua warga Mangunkerta yang dilaporkan hilang, otoritasnya akan melakukan pendataan dan pencarian ulang pada hari ini.

"Insyaallah kami akan asesmen ulang titik dimana pada saat hilang tersebut," ujar Supriono.

Supriono menjelaskan seluruh korban gempa bumi yang berhasil di evakuasi, langsung dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cianjur.

Data Korban

Hingga  Selasa ( 29/11/22) pukul 15.00 WIB, berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat disebutkan 327 korban meninggal, 13 orang dalam pencarian, 595 orang luka berat, 68 orang masih dirawat di RSUD Cianjur, dan 108.720 orang menjadi pengungsi.

Sedangkan kerugian material meliputi 83.474 rumah mengalami kerusakan. Rinciannya antara lain 35.976 rumah rusak ringan, 17.599 rumah sedang, 30.172 rumah rusak berat.

Sementara fasilitas umum yang mengalami kerusakan antara lain, 14 bangunan fasilitas kesehatan, 187 rumah ibadah, 511 bangunan pendidikan, 17 kantor dan gedung.

Jumlah kerusakan material itu tersebar di 16 kecamatan dan 169 desa di Kabupaten Cianjur yang terdampak gempa bumi.

Kebutuhan yang kini diperlukan oleh korban bencana alam ini meliputi tambahan tenda pengungsi, terpal, selimut, tikar, kebutuhan kelompok rentan, alat penerangan, dan makanan.

Editor: Rony Sitanggang

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Kabar Baru Jam 7

Laku Ramah Lingkungan dari Bilik Kecil Kantin Sekolah di Bali

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 11

Most Popular / Trending