covid-19

Libur Nataru, Pemkab Banyuwangi Tetap Buka Destinasi Wisata

Jika tetap bertahan di level 2 ataupun naik ke level 1, maka destinasi wisata yang ada akan tetap dibuka pada libur panjang Natal dan Tahun Baru,

BERITA | NUSANTARA

Jumat, 05 Nov 2021 21:09 WIB

Libur Nataru, Pemkab Banyuwangi Tetap Buka Destinasi Wisata

Hutan Djawatan, salah satu objek wisata di Banyuwangi, Jawa Timur. (Foto: Antara/Budi Candra)

KBR, Banyuwangi - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, berencana akan tetap membuka seluruh destinasi wisata di daerahnya saat Hari Raya libur Natal dan Tahun Baru 2022, Desember mendatang.

"Sesuai dengan level PPKM di Kabupaten Banyuwangi. Jika tetap bertahan di level 2 ataupun naik ke level 1, maka destinasi wisata yang ada akan tetap dibuka pada libur panjang Natal dan Tahun Baru," kata Sekretaris Daerah Banyuwangi, Mujiono di Banyuwangi, Jumat (5/11/2021).

Mujiono beralasan, dalam aturan yang tertuang di penerapan PPKM Level 2 maupun level , fasilitas publik termasuk tempat wisata boleh dibuka dengan protokol kesehatan yang ketat dan kuota terbatas.

"Sehingga tidak ada alasan untuk menutup tempat wisata atau fasilitas publik lainnya," ungkapnya.

Meski demikian, Pemkab Banyuwangi meminta pengelola destinasi wisata untuk tetap memberlakukan disiplin protokol kesehatan yang ketat.

"Diantaranya, setiap pengujung yang datang harus dipastikan sudah melakukan vaksinasi Covid-19 minimal dosis pertama, yang dibuktikan dengan aplikasi Pedulilindungi," jelas Mujiono.

Kuota pengujung juga tidak boleh lebih dari 50 persen, imbuhnya.

Berita lainnya:

    Sekda Banyuwangi menambahkan, jika nantinya kedapatan ada pengelola wisata yang tidak menerapkan protokol kesehatan ketat di tempat wisata, maka pemerintah Banyuwangi akan memberikan sangsi tegas.

    "Sanksi berupa penutupan destinasi wisata yang bersangkutan, hingga tempat wisata tersebut bener-benar mematuhi peraturan pemerintah," ungkap Mujiono.

    Ditambahkannya, agar Kabupaten Banyuwangi bisa masuk ke level 1 PPKM, Satgas Covid-19 setempat tengah berupaya mencapai vaksinasi covid-19, 70 persen dosis pertama dan 60 persen untuk kalangan lanjut usia.

    Saat ini capaian vaksinasi di Banyuwangi sudah mencapai 67 persen lebih. Ditargetkan minggu pertama bulan November ini, capaian vaksinasi Covid-19 mencapai 70 persen," pungkas Mujiono.


    Editor: Kurniati Syahdan

    Komentar

    KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

    BERITA LAINNYA - NUSANTARA

    Kabar Baru Jam 11

    Kabar Baru Jam 10

    Kabar Baru Jam 8

    Kabar Baru Jam 7

    Popsiklus, Pemain Lama Bisnis Daur Ulang yang Makin Relevan