Rumah Sakit Penuh, Pemkab Cilacap Sewa Hotel untuk Karantina Pasien Covid-19

"Ini yang dipakai seluruhnya 60 kamar, kapasitas 63 kamar mungkin akan dipakai semua,”

NUSANTARA | RAGAM | RAGAM

Sabtu, 28 Nov 2020 01:42 WIB

Author

Muhamad Ridlo Susanto

Rumah Sakit Penuh, Pemkab Cilacap Sewa Hotel untuk Karantina Pasien Covid-19

Ilustrasi (Foto/KBR/Ridlo)

KBR, Cilacap-  Pemerintah Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah menyewa satu hotel untuk ruang isolasi atau karantina untuk pasien Covid-19. Langkah itu dilakukan lantaran seluruh fasilitas perawatan dan karantina di rumah sakit rujukan penuh.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap, Tri Komara Sidhy mengatakan hotel tersebut dimanfaatkan untuk merawat pasien Covid-19 tanpa gejala atau OTG. Dengan begitu, risiko kegawatdaruratan pasien tersebut rendah sehingga hanya butuh karantina.

Dia menjelaskan, dalam pelaksanaannya, para tenaga kesehatan akan merawat pasien tersebut di hotel. Hotel juga akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang, untuk mengantisipasi jika kondisi pasien memburuk. Total terdapat 63 kamar di hotel tersebut.

“Kita ini mau dimasukkan ke karantina, ke hotel @HOM. Pasien Covid-19 dimasukkan ke hotel semua. Yang OTG, ya karena banyak pasiennya. Ya dibooking semuanya. Karena banyak pasiennya, agar lebih memenuhi syarat dan lebih representatif. Semua penuh, karena semua rumah sakit penuh, jadi yang OTG ini di hotel. Ini yang dipakai seluruhnya 60 kamar, kapasitas 63 kamar mungkin akan dipakai semua,” kata Tri Komara Sidhy.

Lebih lanjut Tri Komara Sidhy mengatakan rencananya, hotel tersebut akan difungsikan sebagai fasilitas karantina pada Senin (30/11/2020).

Lonjakan kasus Covid-19 di Cilacap beberapa waktu terakhir ini memang terasa. Pada Kamis (26/11/2020), jumlah total terkonfirmasi Covid-19 di Cilacap sebanyak 2.042 kasus. Dari jumlah itu, sebanyak 1.254 orang sembuh dan 54 orang meninggal dunia. Saat ini pasien yang masih dirawat berjumlah 733.

Editor: Rony Sitanggang

(Redaksi KBR mengajak untuk bersama melawan virus covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun.)

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Utang Negara Kian Meningkat

Kabar Baru Jam 7

Peran UMKM Pangan dalam Pemberdayaan Ekonomi Gambut

Kabar Baru Jam 8

Desakan Memberantas Intoleransi di Sekolah