NUSANTARA

Ratusan Komunitas Kreatif Bahas Bangkit dari Covid-19 di Banyuwangi

Ratusan Komunitas Kreatif Bahas Bangkit dari Covid-19 di Banyuwangi

KBR, Banyuwangi- Lebih dari 230 kota jaringan lintas komunitas kreatif di Indonesia membahas bagaimana bergegas bangkit dari situasi darurat pandemi Covid-19 dengan cara-cara kreatif di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.  Pembahasan yang dikemas dalam rapat kerja Nasional Indonesia Creative Cities Network (ICCN)   tersebut diikuti secara virtual oleh Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak, Wakil Wali Kota Jayapura Rustan Saru, dan Menteri Koperasi dan UMKM RI Teten Masduki.

Teten berharap, agar rakornas itu dapat menjadi momentum untuk memperkuat kolaborasi antara pemerintah pusat, daerah dan insan ekonomi kreatif di berbagai daerah.

Kata Teten, saat ini perekonomian nasional mayoritas disokong oleh UMKM yang jumlahnya mencapai 90 persen, yang di dalamnya berisi para insan kreatif.

Kata dia, di tengah ekonomi dunia yang lesu, Presiden berharap UMKM menjadi penyangga ekonomi nasional. Teten berharap, agar forum ini bisa menjadi forum berbagi dan penguat jejaring antarpelaku kreatif, khususnya di tengah situasi pandemi yang sulit saat ini.

“Kita tahu postur UMKM pelaku usaha di Indonesia itu mayoritas adalah UMKM. 99,9 persen itu adalah UMKM, kontribusi terhadap PBB 90 persen dan penyerapan tenaga kerjanya 95 persen. Saat ini lagi kena ekonomi dunia yang lesu, Pak Presiden berharap UMKM ini memang jadi poenyangga ekonomi nasional,” ujar Teten Masduki di Banyuwangi, Jumat (6/11/2020).

Sementara itu, Ketua umum ICCN Fiki Satari mengatakan, untuk menjadi Indonesia kreatif harus dimulai dari kota/kabupatennya. Sebagai daerah yang berlimpah kreativitas dan inovasi, Banyuwangi   diharapkan menjadi salah satu sumber inspirasi, termasuk juga dari model kepemimpinan yang mampu membangkitkan inisiatif-inisiatif inovasi tersebut bahkan di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Menanggapi itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengharapkan, rakornas yang digelar tersebut bisa memunculkan ide dan gagasan bagi pengembangan dunia kreatif nasional. Kreativitas dan inovasi Banyuwangi awalnya berangkat dari keinginan untuk mengoptimalkan pembangunan daerah di tengah segala keterbatasan.

Dia menanamkan, virus kreatif dan semangat inovator kepada seluruh stakeholder yang ada di tubuh pemerintah Banyuwangi.



Editor: Rony Sitanggang


(Redaksi KBR mengajak untuk bersama melawan virus covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun.)

  • #KBRLawanCovid
  • #pakaimasker
  • #cucitangan
  • COVID-19
  • #satgascovid19
  • #jagajarak
  • #IngatPesanIbu
  • #jagajarakhindarikerumunan
  • #cucitanganpakaisabun

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!