20 Wisata Ditutup Akibat Erupsi Merapi

Penutupan obyek wisata di Jateng berada di 2 kabupaten yakni Klaten dan Magelang

BERITA | NUSANTARA

Rabu, 11 Nov 2020 13:34 WIB

Author

Anindya Putri

20 Wisata Ditutup Akibat Erupsi Merapi

Ilustrasi merapi. (Foto: Antara)

KBR, Semarang- Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Tengah mencatat sebanyak 20 Daya Tarik Wisata (DTW) yang berada di Kawasan Rawan Bencana (KRB) III Gunung Merap ditutup .

Kabid Pengembangan Destinasi Pariwisata Jateng, Purwanto mengatakan penutupan obyek wisata di Jateng berada di 2 Kabupaten yakni Klaten dan Magelang menyusul status Siaga Gunung Merapi.

"Yang untuk di lereng Merapi jelas kabupaten Klaten dan Magelang sudah mengeluarkan surat penutupan obyek wisata. Kalau di Merapi ada 10 destinasi wisata dan 3 desa wisata, kemudian Klaten ada 7 desitinasi wisata," ungkap Purwanto kepada KBR di Semarang, Rabu (11/11/20).

Ia menjelaskan, penutupan DTW dilakukan hingga waktu yang belum ditentukan diberlakukan sejak Senin (09/11) kemarin. Ini berdasar rekomendasi dari Balai Geologi Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Geologi tentang peningkatan status aktivitas Gunung Merapi.

Purwanto mengimbau, kepada pemerintah daerah dan pengelola obyek wisata untuk menghentikan seluruh kegiatan. Serta mentaati aturan yang ada agar tak menimbulkan hal-hal yang tak diinginkan saat Erupsi Merapi.

"Jadi tolong kerjasamanya selama Erupsi Merapi agar tak ada kegiatan di daerah wisata," imbuhnya.

Seperti yang telah diketahui status siaga Gunung Merapi sejak (5/11) lalu, masyarakat daerah yang terdampak bahaya akibat erupsi Gunung Merapi berada pada radius tiga hingga lima kilometer dari puncak diminta untuk waspada.

Editor: Friska Kalia

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

RS di Jalur Gaza Kewalahan Tampung Pasien Covid-19

Kabar Baru Jam 7

Kisah Pendamping Program Keluarga Harapan Edukasi Warga Cegah Stunting

Siapkah Sekolah Kembali Tatap Muka?

Eps8. Food Waste