BERITA

Kalah Pilkades Rembang, Pendukung Rusak Jalan

Kalah Pilkades Rembang, Pendukung Rusak Jalan

KBR, Rembang– Pendukung calon kepala desa di  Desa Tengger Kecamatan Sale, Rembang, Jawa Tengah. Diduga karena pendukung calon Kades yang kalah tidak terima, diejek pendukung calon kepala desa yang menang.


Di Desa Tengger, sebelumnya terdapat dua orang calon Kades, masing-masing calon Kades petahana atau incumbent, Nandim mendapatkan 646 suara. Ia dikalahkan oleh calon Kades yang baru, Mahendra Eka Saputra, dengan meraup 743 suara. Menurut informasi yang redaksi kumpulkan, kala itu sebut saja N, pendukung calon Kades yang kalah diejek oleh keponakannya sendiri, S merupakan pendukung calon Kades yang menang.


Merasa emosi, N merusak jalan beton sepanjang 2,5 Meter dan lebar 1,5 Meter. Sebelum dihibahkan untuk jalan, tanah itu dulunya milik N. Pembangunan jalan baru 2 bulan dan statusnya belum diserahterimakan.


Camat Sale, Subhan ketika dikonfirmasi Minggu siang (10 November 2019) membenarkan pengrusakan jalan tersebut. Informasi yang ia terima, pengrusakan dipicu rasa emosi, karena pendukung calon Kades incumbent diejek. Menurutnya, tim dari Kecamatan Sale Senin (11/11) ini akan turun ke Dusun Temlokokerep Desa Tengger.


“Babinsa sudah datang cek ke sana.  Dana pembangunan jalan infonya dari dana desa. Jadi sesama calon tidak masalah, ini antarpendukung yang masih getem (kesal). Tidak tahu,  kenapa kok malah sasarannya merusak jalan beton,“ kata Camat.


Subhan mengimbau antar calon kepala desa bisa saling bersilaturahmi, sebagai proses rekonsiliasi.  Jika antar calon rukun, diharapkan merambah ke pendukung masing-masing.


“Antarcalon sudah banyak yang bertemu. Di Sale, calon yang kalah menemui calon yang menang dan foto bareng. Ini bagus untuk mendamaikan calon setelah pemilihan. Tapi situasinya memang masih hangat, jadi kita menyesuaikan saja,“ imbuh Subhan.


Imbas dari pengrusakan jalan beton di Temlokokerep Desa Tengger Kecamatan Sale, mengganggu mobilitas warga sekitar. Ada 3 kepala keluarga yang terdampak secara langsung.


Editor: Rony Sitanggang

  • Rembang
  • Jawa Tengah
  • Pilkades serentak
  • narapidana

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!