BERITA

Gajah Betina Ditemukan Mati di Kebun Sawit Aceh Timur

Gajah Betina Ditemukan  Mati di Kebun Sawit Aceh Timur

KBR, Aceh Timur- Satu induk gajah ditemukan mati di area perkebunan PT Atakana di kawasan Desa Seumanah Jaya, Kecamatan Rantau Peureulak, Kabupaten Aceh Timur, Kamis (20/11). Bangkai gajah itu diperkirakan sudah 5 hari membusuk.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Agus Arianto mengatakan,  sudah menurunkan tim dokter dan ahli hewan untuk melakukan nekropsi terhadap gajah dewasa yang berumur sekitar 25 tahun tersebut. Kata Dia, sejumlah sampel organ tubuh induk gajah itu diambil untuk diteliti di Laboreatorium forensik.


”Nekropsinya mengambil sampel beberapa organ tubuh saja. Ini lagi dibawa ke Puslabfor Mabes Polri untuk dicari penyebabnya secara pasti. Kalau luka tidak ada menurut dokter Kita yang menangani nekropsi di sana. Nanti hasil labfornya yang lebih tepat mungkin mengatahui faktor penyebabnya, ” kata Agus Arianto kepada KBR, Kamis (21/11/19).


Kepala BKSDA Aceh, Agus Arianto menambahkan,   belum dapat memastikan penyebab kematian satwa liar ini dikarenakan masih menunggu hasil pemeriksaan dokter hewan.

Titik lokasi penemuan bangkai gajah tersebut dipasang garis polisi untuk penyidikan aparat kepolisian.

”Kami peroleh informasinya dari salah seorang pekerja di PT Atakana, bahwa ada gajah mati di sana. Kebetulan tim BKSDA juga sedang melakukan penggiringan di kawasan Desa Seumanah Jaya, jadi langsung meluncur ke sana,” tutur Agus.


 

Editor: Rony Sitanggang

  • satwa liar
  • badak Sumatra
  • Menteri KLHK
  • Taman Nasional Way Kambas
  • Lampung
  • keanekaragaman hayati

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!