BERITA

Banjir Sepekan, Puluhan Sumur Warga Cilacap Tercemar

Banjir Sepekan, Puluhan Sumur Warga Cilacap Tercemar

KBR, Cilacap - Hampir sepekan lalu wilayah Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah dilanda banjir. 

Banjir merendam Desa Madura, Kecamatan Wanareja pada pertengahan November, akibat jebolnya tanggul Sungai Cibaganjing, sejak Rabu, 15 November 2017 lalu.

Dampaknya, sekitar 40-an sumur warga tercemar banjir dan tidak bisa dipakai. 

Kepala Pelakana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap, Tri Komara Sidhy mengatakan BPBD sudah mulai membersihkan sumur warga yang sebelumnya terendam banjir.

Namun, karena sumur warga belum bisa dipakai, warga terpaksa harus pergi ke daerah lain untuk mendapatkan air bersih jika air kiriman BPBD tidak mencukupi.

Pengiriman air bantuan BPBD dilakukan sejak Senin, 20 November 2017, dan akan dilakukan setiap hari.

"Pengungsi sudah kembali ke rumah. Hari ini kegiatan pembuatan tanggul, tanggul yang kemarin jebol. Hari ketiga ini mudah-mudahan bisa selesai. Kita juga kerjabakti menguras sumur, yang tercemar akibat terkena banjir bandang kemarin. Hampir semua sumur warga akan kita kuras. Kita sedot dengan alkon atau alat sedot. Kita drooping air bersih. Kemarin, dari BPBD dan PMI juga sudah mengirim. Satu tanki,” jelas Tri Komara Sidhy, Selasa (21/11/2017).

Lebih dari 300 orang warga mengungsi hingga Minggu, 19 November 2017. Namun kini warga sudah kembali rumah.

Lebih lanjut Tri Komara Sidhy menjelaskan, BPBD bersama dengan PMI dan Puskesmas mendirikan Posko Kesehatan untuk memantau kesehatan warga. Posko ini akan aktif hingga penanganan bencana di Madura usai akhir pekan ini.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Wanareja, Teguh Wibowo mengatakan saat ini mulai muncul banyak penyakit pascabanjir. 

Penyakit muncul karena turunnya daya tahan tubuh warga ketika mengungsi. Di samping itu, banyak warga terkena penyakit gatal dan diare karena minimnya air bersih. Banjir di Desa Madura, Cilacap terjadi 15 November lalu. 

BPBD juga menargetkan dapat menyelesaikan perbaikan empat tanggul Sungai Cibaganjing yang jebol. Dengan begitu, saat terjadi banjir, air tak akan melimpah kembali ke perumahan warga.

Editor: Agus Luqman 

  • Banjir Cilacap
  • dampak banjir
  • penyakit pasca banjir
  • bencana banjir

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!