Bagikan:

Pilkada Calon Tunggal, Belum Ada Pemantau di Timor Tengah Utara

Jika tak ada pemantau, tak ada gugatan ke MK.

BERITA | NUSANTARA

Selasa, 10 Nov 2015 13:01 WIB

Author

Silver Sega

Pilkada Calon Tunggal, Belum Ada Pemantau di Timor Tengah Utara

Ilustrasi (Foto: Antara)

KBR, Kupang- Sebulan menjelang pemilihan kepala daerah serentak, sampai saat ini belum ada lembaga independen pemantau pilkada yang terdaftar untuk memantau proses pilkada di Kabupaten Timor Tengah Utara. Padahal daerah ini hanya memiliki calon tunggal. 

Juru bicara Badan Pengawas Pemilu Bawaslu Provinsi Nusa Tenggara Timur Jemris Fointuna mengatakan, jika sampai batas akhir tidak ada pemantau yang mendaftar, maka apa pun hasil pemilukada tidak bisa digugat ke Mahkamah Konstitusi.

"Untuk itu kami berharap supaya lembaga yang punya punya komitmen dengan demokrasi mendaftar ke KPU Kabupaten Timor Tengah Utara supaya diakreditasi sehingga bisa melakukan pemantauan di TTU," kata Jemris Fointuna di Kupang Selasa (10/11).

Jemris Fointuna menambahkan tugas pemantau tidak hanya melaporkan perselisihan hasil pemilukada, tetapi juga memantau seluruh tahapan pemilu. Hasil dari pantauan itu, kata Jemris, bisa jadi panduan untuk pemilukada di masa mendatang. 

Di delapan kabupaten lain, yakni di Belu, Malaka, Sabu Raijua, Sumba Timur, Sumba Barat, Manggarai Barat, Manggarai dan Ngada, sudah ada lembaga pemantau, yang memantau pemilukada di kabupaten-kabupaten itu. Berdasarkan keputusan Mahkamah Konstitusi, lembaga pemantau pemilu bisa mengajukan gugatan sengketa pilkada khusus untuk daerah yang hanya memiliki calon tunggal.

Editor: Dimas Rizky

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Ragam Syarat Beli Minyak Goreng Curah, Efektifkah?