BERITA

Barujari Erupsi, Bandara Ngurah Rai Rugi Puluhan Miliar Rupiah

"Kerugian karena puluhan ribu penumpang yang tidak terangkut."

Barujari Erupsi, Bandara Ngurah Rai Rugi Puluhan Miliar Rupiah
GM Bandara I Gusti Ngurah Rai, Trikora Harjo (Foto: yulius Martoni/KBR)

KBR, Bali- Kerugian akibat pembatalan penerbangan di Bandara Internasional Ngurah Rai sepekan terakhir, terkait erupsi gunung Barujari, diperkirakan Rp 45 miliar. General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai, Trikora Harjo mengatakan kerugian berasal dari puluhan ribu penumpang yang tidak terangkut di bandara.

"Per hari itu melayani penumpang tiga belas ribu perhari jadi bisa di hitung untuk berangkat bisa di kalkulasi untuk domestik PJP2U-nya (Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara-red) seratus. Kemudian yang internasional dua ratus ribu per orang, yang membayar PJP2U mereka yang berangkat," ujarnya.


Kata dia kerugian itu juga berdampak secara umum bagi provinsi Bali seperti potensi pendapatan pariwisata, reservasi hotel, industri MICE dan restoran.

Sepekan terakhir bandara Ngurah Rai mengalami buka tutup akibat abu vulkanik erupsi gunung Barujari. Bahkan kata dia untuk penerbangan internasional tujuan Australia sudah sepekan terakhir membatalkan penerbangan. 

Editor: Dimas Rizky

  • transportasi
  • Bandara
  • bencana alam
  • Gunung Barujari Meletus
  • Bali
  • berita

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!