covid-19

Aktivitas Gunung Barujari Cenderung Menurun

Itu ditandai dengan tinggi letusan dan menurunnya kekuatan gempa

BERITA | NUSANTARA

Sabtu, 07 Nov 2015 14:05 WIB

Author

Hanapi

Aktivitas Gunung Barujari Cenderung Menurun

Semburan abu vulkanik Gunung Barujari saat pagi hari (Foto: Hanapi/KBR)

KBR, Lombok- Letusan Barujari masih berlangsung hingga hari ini, namun cenderung menurun apabila dibandingkan dengan kemarin (06/11). Tinggi letusan hari ini mencapai 1800 meter dengan gempa tremor rata-rata mencapai 44 mm. Arah persebaran angin masih mengarah ke wilayah Selatan dan Barat Laut, namun lebih jauh mengarah ke arah selatan, dan diperkirakan wilayah Mataram dan Lombok Tengah masih terdampak.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Rinjani di Sembalun Mutaharlin mengatakan, apabila dibandingkan dengan kemarin, ketinggian letusan mencapai lebih dari 200 meter dengan gempa tremor rata-rata mencapai 55 mm.

“Kalau kita lihat dari gempa tremornya memang ada penurunan sedikit, tapi aktivitasnya masih stabil, masih kayak yang kemarin, tapi dari tekanan gas ada perubahan sedikitlah kalau dilihat dari tremornya,” kata Mutaharlin (07/11/2015).

Mutaharlin juga menambahkan, gunung ini diperkirakan sudah mengeluarkan material mencapai 750 meter dari bibir kawah dan akan jatuh ke danau Segara Anak. Namun dampaknya adalah bisa mengurangi luasan danau itu.

Editor: Dimas Rizky

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Mampukah Polisi Respons Cepat Kasus yang Libatkan Anggotanya?