Warga Bidaracina Akhirnya Terima Proyek Sodetan Ciliwung

Warga Bidaracina, Jakarta akhirnya menerima proses pembebasan lahan rumah mereka untuk dijadikan proyek sodetan Sungai Ciliwung. Ketua RW 04 Bidaracina, Astriani menyatakan hal ini setelah Plt Gubernur Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama menyambanginya, Selas

NUSANTARA

Selasa, 18 Nov 2014 18:33 WIB

Author

Aisyah Khairunnisa

Warga Bidaracina Akhirnya Terima Proyek Sodetan Ciliwung

ahok, ciliwung

KBR, Jakarta - Warga Bidaracina, Jakarta akhirnya menerima proses pembebasan lahan rumah mereka untuk dijadikan proyek sodetan Sungai Ciliwung. Ketua RW 04 Bidaracina, Astriani menyatakan hal ini setelah Plt Gubernur Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama menyambanginya, Selasa (18/11). 


Kata Astri, sejak rencana ini mencuat pada Desember lalu banyak hal yang simpang siur terkait rencana proyek ini. Seperti wilayah rumah yang akan dibeli pemerintah, harga pembebasan lahan, serta waktu pembebasan. 


"Warga itu sebenarnya pada intinya gak ada yang menolak proyek ini. Karena kita tahu ini untuk kepentingan umum. Cuma masalahnya nggak transparan dan tidak komunikatif. Saya bingung kenapa komunikasi itu nggak ada untuk proyek sebesar ini. Kalau tadi dari keterangan Pak Ahok saya sudah merasa ada harapan yang jauh lebih besar dari proses sebelumnya," kata Astria. 


Dalam kunjungannya mengecek kesiapan Jakarta menghadapi banjir, Ahok memastikan bulan depan Kementerian Pekerjaan Umum akan membayar DP pembebasan lahan sebesar 50%. Ahok juga menyarankan agar harga tanah dibeli sesuai harga pasar, bukan harga Nilai Jual Objek Pajak (NJOP). Alasannya, agar mereka bisa lekas membeli rumah untuk pindah yang nilainya serupa.


"Pak Iskandar kalau udah tau rumah siapa, bayar 50% dulu pak. Bayar dulu kalau udah masuk datanya. Mereka pegang duit biar bisa beli (rumah lain). Itu hukum duit pak. Duit hari ini lebih berharga dibanding duit besok," kata Ahok.


Menanggapi hal ini, Kepala Balai Besar Sungai Ciliwung-Cisadane, Iskandar mengatakan selama ini proses lamban karena pihaknya masih menyiapkan peta area dan peta bidang. Serta mengukur luasan tiap rumah. 

 

Sekumpulan warga Bidaracina yang ikut tanya jawab dengan Ahok langsung berseru gembira. "Sip, cocok. Itu yang diharapkan warga," kata salah seorang ibu warga RW 04.


Proyek sodetan Sungai Ciliwung sudah dimulai sejak Desember tahun lalu. Rencananya sodetan Kali Ciliwung untuk mengaliri air menuju Kanal Banjir Timur (KBT) ini bisa menjadi solusi persoalan banjir di Jakarta. 


Rencananya ada tiga RW di Bidaracina yang akan digusur untuk membuat area sodetan. Proyek sepanjang 1,27 kilometer ini menghabiskan anggaran Rp 493 miliar yang ditarget rampung pada Februari 2015 mendatang. 


Editot: Antonius Eko 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 15

Kabar Baru Jam 14

Kabar Baru Jam 13

Kabar Baru Jam 12

Kabar Baru Jam 11