NUSANTARA

Sembilan Kabupaten di Sumatera Barat Diterjang Longsor

"Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Barat mencatat sembilan kabupaten kota di Sumatera Barat diterpa tanah longsor dan banjir dalam waktu sepekan terakhir."

Sembilan Kabupaten di Sumatera Barat Diterjang Longsor
longsor, sumatera barat

KBR, Jakarta - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Barat mencatat sembilan kabupaten kota di Sumatera Barat diterpa tanah longsor dan banjir dalam waktu sepekan terakhir. 


Kepala Bidang Kedaruratan Dan Logistik BPBD Sumatera Barat, Er Pagar Negara mengatakan, sedikitnya tiga orang tewas dan puluhan rumah rusak berat akibat longsor tersebut. 


Dia menghimbau agar masyarakat Sumatera Barat yang berada di sekitar lereng atau bukit untuk berhati-hati mengingat saat ini baru memasuki musim penghujan.


“Yang pertama dia kabupaten Pasaman, kabupaten 50 Kota, Kabupaten Solok Selatan, Kabupaten Solok, Kota Solok, Kota Sawalunto, dan Kota Padang serta beberapa tempat lain,” papar Negara. 


“Kerusakan yang terjadi memang tidak seberapa, namun yang di Sinjunjung kemarin hanya 1 rumah yang rusak berat. Di Pasaman ada 25 rumah rusak berat. Kalau di Solok Selatan 150 rumah terendam banjir. Di 50 Kota hanya jalan yang amblas, di Sawahlunto ada 3 rumah rusak berat dan di Padang terkena banjir.” 


Er Pagar Negara menambahkan, bantuan untuk korban bencana sudah dikirimkan langsung ke lokasi. Bantuan tersebut kata dia, mulai dari bantuan logistik hingga tenda darurat bagi warga yang rumahnya rusak akibat terjangan longsor.


Editor: Antonius Eko 


  • longsor
  • sumatera barat

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!