Musim Penghujan, Waspadai Penyakit Pada Unggas

KBR, Banyuwangi- Himpunan Peternak Unggas Lokal Indonesia (Himpuli) Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur, mengimbau peternak unggas mewaspadai penyebaran virus pada unggas di musim penghujan.

NUSANTARA

Sabtu, 15 Nov 2014 16:08 WIB

Author

Hermawan

Musim Penghujan, Waspadai Penyakit Pada Unggas

unggas, penyakit, musim hujan

KBR, Banyuwangi- Himpunan Peternak Unggas Lokal Indonesia (Himpuli) Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur, mengimbau peternak unggas mewaspadai penyebaran virus pada unggas di musim penghujan. (Baca: Harga Telur Itik Banyuwangi Turun)

Ketua Himpuli Banyuwangi Mujiono mengatakan, pada musim pancaroba saat ini unggas sangat rentan sekali terkena penyakit. Penyakit unggas yang sering terjadi di musim penghujan seperti, virus flu burung dan virus Newcastle Diseases (ND). Menurut Mujiono, Peluang unggas terserang kedua penyakit ini sama tingginya saat musim pancaroba. (Baca juga: Kematian Itik di Situbondo Diduga Akibat Flu Burung)

“Kalau musim hujan ini rentan dengan wabah yang selama ini menghantui peternak yaitu rentan flu burung. Ini kami mengharapkan kepada teman- teman peternak ini menghadapi musim hujan kita harus berhati- hati, kita jangan sampai kita terlena dengan sterilisasi kadang, dengan penyemprotan- penyemprotan desinfektan,”kata Mujiono (15/11).

Ketua Himpunan Peternak Unggas Lokal Indonesia (Himpuli) Banyuwangi Mujiono menambahkan, kondisi cuaca potensial mempengaruhi penyebaran penyakit. Namun penanganan unggas dengan baik seperti, kandang yang bersih dan menjaga kualitas pakan, maka penyakit unggas bisa dihindari.

Editor: Nanda Hidayat

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Pascapenggerebekan, Mahasiswa Papua di Surabaya Trauma