NUSANTARA

Jalan Akses ke Tempat Relokasi Sinabung Mulai Dibangun

"KBR, Jakarta - Jalan aspal menuju kawasan relokasi pengungsi Sinabung sudah mulai dibangun hari ini."

Rio Tuasikal

Jalan Akses ke Tempat Relokasi Sinabung Mulai Dibangun
sinabung, jalan, relokasi


KBR, Jakarta - Jalan aspal menuju kawasan relokasi pengungsi Sinabung sudah mulai dibangun hari ini. Juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo mengatakan, alat-alat berat sudah datang kemarin untuk memulai pengerjaan. Dinas Kehutanan juga sudah menandai pohon-pohon yang akan ditebang. Jalan selebar 12 meter ini akan dibangun sepanjang 3,8 kilometer. (Baca: Mensos Janjikan Hari Ini Buat Akses Jalan untuk Pengungsi Sinabung)

"Itu menghubungkan dan melewati lahan yang digunakan untuk lahan pertanian bagi para pengungsi yang direlokasi. Yaitu berada di kawasan hutan Siosar, sedangkan tempat hunian tetapnya kawasan agropolitan Siosar," jelas Sutopo saat dihubungi KBR, Sabtu (1/11) pagi.

Sutopo menambahkan, pembangunan diperkirakan memakan waktu 3 minggu sampai 1 bulan. Sementara rumah pengungsi diperkirakan membutuhkan waktu setahun. Izin penggunaan lahan hutan Siosar untuk relokasi pengungsi Sinabung ini sudah lama mandek. Akhirnya, pengungsi tinggal lama di tenda. Izin penggunaan hutan akhirnya dikeluarkan menteri kehutanan dan Lingkungan Hidup, Siti Nurbaya, Rabu (29/10) kemarin. Siti langsung mengeluarkan izin, dua hari setelah ditelepon presiden Joko Widodo.

Editor: Nanda Hidayat

  • sinabung
  • jalan
  • relokasi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!