NUSANTARA

Himpuli Desak Pemerintah Subsidi Pakan Ternak

Himpuli Desak Pemerintah Subsidi Pakan Ternak

KBR, Banyuwangi- Himpunan Peternak Unggas Lokal Indonesia (Himpuli) Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur mendesak pemerintahan Joko Widodo memberikan subsidi terhadap pakan ternak unggas. Menurut Ketua Himpunan Peternak Unggas Lokal Indonesia (Himpuli) Banyuwangi Mujiono, setiap tahunya harga pakan ternak unggas terus meningkat. Namun hal itu tidak diimbangi dengan naiknya nilai jual unggas maupun telur unggas di pasaran. Kondisi tersebut mengakibatkan peternak unggas merugi bahkan gulung tikar.

Mujiono menyatakan, peternak masih sulit mencari atrelnatif pakan lainya selain konsentrat yang harganya lebih terjangkau. Sehingga jalan terbaik untuk menekan tingginya harga pakan ternak, dengan memberikan subsidi, seperti pemerintah memberikan subsidi pupuk terhadap petani.

“Kalu sekarang harga konsentrat ini per kilo sudah lebih dari 8 ribu. Bahkan harga telur sekarang ini antara 110 sampai 1200. Kalau kita hitung biaya produksi, kemudian biaya tenaga kerja dan lain- lain, kalau dengan harga 1100 kita belum dapat apa-apa. Apa lagi ini karena musim kemarau panjang jelas musim panen mundur,”kata Mujiono (1/11)

Ketua Himpunan Peternak Unggas Lokal Indonesia (Himpuli) Banyuwangi Mujiono menambahkan, untuk harga telur unggas per butirnya 1100. Harga ini dinilai masih cukup redah dibadingkan dengan harga pakan yang mencapai 8500 perkilogramnya. Selain harga telur harga daging unggas juga turun, dari sebelumnya 30 ribu perkilogramnya, kini dikisaran 25 ribu per kilogramnya.

Editor: Nanda Hidayat

  • pakan ternak
  • himpuli
  • banyuwangi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!