BPBD Jateng: Merapi Masih Aman Dari Ancaman Banjir Lahar Dingin

Kondisi kawah puncak gunung Merapi masih aman meskipun sudah memasuki musim penghujan.

NUSANTARA

Minggu, 30 Nov 2014 12:29 WIB

Author

Yudi Rachman

BPBD Jateng: Merapi Masih Aman Dari Ancaman Banjir Lahar Dingin

lahar, gunung, hujan, musim

KBR, Jakarta- Kondisi kawah puncak gunung Merapi masih aman meskipun sudah memasuki musim penghujan.

Menurut Kepala BPBD Jawa Tengah Sarwa Permana, kondisi kawah Merapi dalam kondisi aman dan masih bisa menampung curah hujan yang bisa menyebabkan luapan lahar dingin. Meskipun demikian, BPBD sudah menyiapan rencana darurat, relawan dan posko untuk mengantipasi terjadinya lahar dingin.

"Sementara masih aman belum terjadi, sangat tergantung dari yang turun. Sekarang masih aman kondisinya? Masih, masih karena belum puncaknya hujan deras. Kita sudah ada renkon, sudah ada relawan, sudah ada posko. Kalau sungai urusannya Kementerian PU itu kaitannya dengan normalisasi sungai," ujar Kepala BPBD Jawa Tengah Sarwa Permana saat dihubungi KBR, Minggu (30/11).

Kepala BPBD Jawa Tengah Sarwa Permana menambahkan, banjir lahar dingin yang terjadi di Merapi di pengaruhi oleh tinggi debit air yang turun ke kawah Merapi. Kata dia, karena belum memasuki puncak musim penghujan, kondisi kawah masih normal.

Sebelumnya, enam truk ini tertimbun material pasir dan bebatuan, di alur sungai Krasak akibat banjir lahar dingin yang mengalir dari lereng gunung Merapi. Akibat terjangan lahar merapi, keenam truk tersebut rusak parah.

Editor: Dimas Rizky

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Arab Saudi Akan Gratiskan Vaksin Covid-19

Kabar Baru Jam 7

Polemik TNI 'cawe-cawe' Copoti Baliho Rizieq Shihab

Kabar Baru Jam 8

Wagub DKI Ingatkan Sanksi Bagi Penolak Tes Covid-19 di Petamburan