NUSANTARA

BPBD Karo Antisipasi Banjir Lahar Dingin Susulan

"Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Karo, saat ini tengah mengeruk pinggiran sungai di sekitar Gunung Sinabung."

BPBD Karo Antisipasi Banjir Lahar Dingin Susulan
bencana, gunung sinabung, lahar dingin, antisipasi

KBR, Jakarta- Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Karo, saat ini tengah mengeruk pinggiran sungai di sekitar Gunung Sinabung. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi banjir lahar dingin di musim hujan.


Kepala BPBD Karo, Subur Tambunan mengatakan nantinya lahar dingin akan dialirkan ke sungai yang ada. Kata dia proyek tersebut dikerjakan bersama dinas pekerjaan umum.

"Mungkin di bantaran sungai kita keruk yang pinggir sungainya, supaya alirannya bisa diarahkan mungkin 30 persen. Mungkin sudah kita sama-sama dengan PU karena dia yang punya alat berat," kata Subur kepada KBR.

Sebelumnya banjir lahan dingin gunung Sinabung menerjang desa  Mardinding, Kecamatan Tigandereket, Karo.


Akibatnya sejumlah jalan di Desa Mardinding yang hanya berjarak 3 kilometer dari Gunung Sinabung tidak dapat dilalui, akibat tertutup tumpukan material kayu gelondongan yang tingginya bahkan dapat mencapai 3 meter.


Editor: Dimas Rizky

  • bencana
  • gunung sinabung
  • lahar dingin
  • antisipasi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!