BNPB Anggarkan Rp100 Miliar Untuk Pengungsi Sinabung

KBR, Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menganggarkan dana seratus milliaran rupiah lebih untuk penanggulangan dan bantuan korban Erupsi Gunung Sinabung.

NUSANTARA

Sabtu, 01 Nov 2014 08:12 WIB

Author

Ade Irmansyah dan Febriana Shinta

BNPB Anggarkan Rp100 Miliar Untuk Pengungsi Sinabung

sinabung, anggaran, pengungsi



KBR, Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menganggarkan dana seratus milliaran rupiah lebih untuk penanggulangan dan bantuan korban Erupsi Gunung Sinabung. Juru Bicara BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, dana tersebut digunakan untuk kebutuhan logistik pengungsi. Bantuan lain juga akan dikucurkan dari kementerian dan lembaga terkait. Sementara relokasi pengungsi akan dimulai November tahun ini. (Baca: Desa Mardinding Terparah Kena Dampak Letusan Sinabung)

“Sebelumnya pengungsi ini per Kepala Keluarga telah menerima bantuan uang sewa rumah untuk enam bulan, sewa lahan untu satu tahun dan jaminan hidup dua bulan. Total bantuan BNPB dalam hal ini sekitar 10,3 miliar yang langsung diberikan kepada pengungsi. Kalau melihat jumlah bantuan logistik, peralatan dan bantuan operasional yang diberikan BNPB kepada BPBD Karo sebanyak 109,38 miliar. Selain juga ada bantuan dari lembaga misalnya seperti Kemensos 16 miliar, Kemekes 1,75 Miliar, Kemen PU 1 Miliar, Kemendikbud 4,6 Miliar,” ujarnya kepada KBR saat dihubungi (31/10).

Juru Bicara BNPB, Sutopo Purwo Nugroho menambahkan, pembuatan jalan menuju akses relokasi pengungsi juga aka dimulai bulan ini yang pembangunannya diperkirakan rampung Desember mendatang. Sedangkan untuk rumah pengungsi diperkirakan membutuhkan waktu setahun. Izin penggunaan lahan untuk relokasi pengungsi sudah dikeluarkan Kemenhut, Pemda Karo dan Pemprov Sumatera Utara.

(Baca: Gunung Sinabung Keluarkan Tujuh kali Awan Panas)

Sementara itu,  Kepala Badan Geologi Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Surono mengatakan,  erupsi gunung Sinabung akan terjadi dalam waktu lama. Menurut dia, saat ini aktivitas gunung Sinabung tidak akan berhenti karena banyaknya jumlah magma serta berubahnya siklus letusan Sinabung. Aktivitas gunung yang selama 400 tahun tidur tersebut masih terus membentuk kubah lava dalam jumlah besar. Tremor bahkan masih akan mengguncang gunung tersebut.

“ Sinabung itu kecil kemungkinan akan berhenti dalam waktu dekat, sat ini masih ada pembentukan kubah lava yang terjadi terus - menerus," terangnya hari ini Jumat (31/10).

Surono menambahkan, sikulus gunung Sinabung saat ini mirip dengan Merapi sebelum erupsi 2010, yaitu membentuk kubah lava. Namun Surono meyakinkan letusan Sinabung tidak akan melampui radius 5 kilometer. Untuk itu warga tetap diingatkan untuk tidak beraktivitas dalam radius 5 km dari puncak gunung Sinabung.

Editor: Nanda Hidayat

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Polisi Sebut Pelaku Bom Bunuh Diri di Polrestabes Medan Beraksi Sendiri