NUSANTARA

BNPB Minta Jakarta Tetapkan Darurat Bencana Januari-Februari

BNPB Minta Jakarta Tetapkan Darurat Bencana Januari-Februari

KBR, Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyarankan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama (Ahok) menetapkan darurat bencana di Ibukota pada Januari hingga Februari 2015 mendatang. Ini karena akan datang banjir.

Juru Bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan penetapan itu diperlukan agar BNPB bisa membantu Pemerintah DKI Jakarta mengatasi banjir pada musim hujan mendatang. BNPB sendiri memprediksi puncak musim hujan di Jakarta terjadi pada Januari hingga Februari mendatang.

"BNPB akan mendampingi Pemda DKI asal Gubernur DKI mengeluarkan siaga darurat. Contohnya yang kita siapkan adalah modifikasi cuaca. BNPB dan TNI bisa siapkan kerahkan pesawat hercules, CN 295 dan CN 212. Home base tetap akan di Lapangan Udara Halim Perdana Kusuma. Anggaran yang diperlukan pelaksanaan Januari hingga Februari 2015, kamis sediakan Rp 8 milliar," ujar Sutopo di Jakarta, Kamis (27/11).

BNPB mencatat tahun lalu penanganan banjir di Jakarta tidak maksimal. Sebab Pemerintah DKI Jakarta tidak menetapkan darurat bencana.

Akibatnya BNPB tidak bisa membuat modifikasi cuaca untuk pengurangan curah hujan. Sementara korban banjir pada musim hujan 2014 hingga Februari 2015 di Jakarta diperkirakan lebih dari 270 ribu jiwa.

Selain itu Sutopo mengatakan sejak awal November lalu, sejumlah Gubernur sudah menetapkan darurat bencana. Namun Sutopo tidak menyebutkan Gubernur mana saja yang menetapkan darurat tersebut.

Editor: Pebriansyah Ariefana

  • BNPB
  • jakarta
  • banjir

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!