12 Aliran Kepercayaan di Aceh Utara Dituding Menyimpang

Belasan aliran kepercayaan di Kabupaten Aceh Utara dituding menyimpang dan meresahkan masyarakat.

NUSANTARA

Selasa, 04 Nov 2014 12:04 WIB

Author

Erwin Jalaluddin

12 Aliran Kepercayaan di Aceh Utara Dituding Menyimpang

Aliran Kepercayaan, Aceh Utara

KBR, Lhokseumawe – Belasan aliran kepercayaan di Kabupaten Aceh Utara dituding menyimpang dan meresahkan masyarakat.

Tim Pengawasan Aliran Kepercayaan Masyarakat (Pakem) Kabupaten Aceh Utara yang dikoordinir kejaksaan setempat menyatakan, ada 12 aliran menyimpang di daerah itu.

Menurut Ketua Pakem Aceh Utara, Teuku Rahmatsyah, hampir sebagian besar pengikut ke-12 aliran itu tersebar di kawasan kecamatan pedalaman.

”Iya itu yang kita telusuri, ada yang bawa (ajaran itu), ada yang terpengaruh, terus ada yang sudah hidup lagi dari daerah lain masuk, terus juga ada yang memang sudah dilarang tetapi masih eksis. Jadi, yang belum masuk aliran inilah kita cegah,” kata Rahmatsyah yang juga Ketua Kejaksaan Negeri (Kajari) Lhoksukon, kepada Portalkbr, Selasa (4/11), usai Kegiatan “Peningkatan Pengawasan Syariat Islam” di Aula Serbaguna, Balai Panglateh Lhoksukon.

Rahmatsyah menjelaskan, kedua belas aliran yang dianggap sesat adalah: Millata Abraham, Waled Darkasyi, Tarekat Naqsabandiyah atau Kadirun Yahya, Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII), Salek Buta dan Negara Islam Indonesia (NII).

Aliran lain yang dianggap sesat seperti: Pengajian Om Jun, Tawajjuh Qadirun Yahya, Aliran Syi’ah, Shalat Syari’ah atau Tarikat Hakikat, Raja Muda atau Tarikat Aulia, dan Kelompok Jama’ah Qur’an Hadist.

Editor: Anto Sidharta

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Saga Akhir Pekan KBR

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17