NUSANTARA

Polisi Tembak Pendukung Salah Satu Cagub Maluku Utara

"Sembilan pendukung Calon Gubernur Maluku Utara (Malut) Abdul Gani Kasuba-Natsir Thaib terkena tembakan saat melakukan aksi unjuk rasa menolak hasil pleno KPU Maluku tentang rekapitulasi di 8 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kabupaten Kepulauan Sula."

Erwin Djamilgo

Polisi Tembak Pendukung Salah Satu Cagub Maluku Utara
pilkada, maluku utara

KBR68H, Sofifi - Sembilan pendukung Calon Gubernur Maluku Utara (Malut) Abdul Gani Kasuba-Natsir Thaib terkena tembakan saat melakukan aksi unjuk rasa menolak hasil pleno KPU Maluku tentang rekapitulasi di 8 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kabupaten Kepulauan Sula. 


Pendukung pasangan tersebut kena tembakan saat akan merangsek ke Kantor KPU Maluku Utara yang berada di Sofifi. Kepala Kepolisian Maluku Utara, Sobri Surya Efendi mengatakan, penanganan aksi unjuk rasa di kantor KPU Maluku Utara telah sesuai dengan prosedur.

 

“Ini kan provokasi saja, tidak boleh bicara, membakar, dan faktanya massa dia terprovokasi untuk menuju kantor KPU. Tidak ada cara lain, maka kita lakukan sesuai dengan proedur yang ada,” ucap Sobri Surya Efendi.


Sebelumnya, pendukung pasangan calon gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba-Natsir Thaib, menilai formulir D1 dan C1 di 8 PPK Kabupaten Sula telah diubah. Pengubahan ini dinilai bisa mengurangi jumlah suara pasangan ini. 


Namun KPU Maluku Utara mengabaikannya. Atas putusan itu, seratusan pendukung calon gubernur itu, menerobos barisan blokade aparat kepolisian, sehingga polisi mengeluarkan tembakan gas air mata dan peluru karet. 


Editor: Antonius Eko 


  • pilkada
  • maluku utara

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!