Ketika Anggota TNI dan Perangkat Desa Membalak Hutan

Sejumlah aparat keamanan dan perangkat desa disinyalir terlibat dalam aksi pembalakan hutan di kawasan hutan lindung Dusun Lonseran, Lingsar, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB).

NUSANTARA

Kamis, 28 Nov 2013 17:03 WIB

Author

Zaenudin Syafari

Ketika Anggota TNI dan Perangkat Desa Membalak Hutan

Anggota TNI, Perangkat Desa, Pembalakan Hutan

KBR68H, Mataram - Sejumlah aparat keamanan dan perangkat desa disinyalir terlibat dalam aksi pembalakan hutan di kawasan hutan lindung Dusun Lonseran, Lingsar, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Saat melakukan razia, satuan polisi hutan NTB menemukan lima warga yang tengah melakukan pembalakan ditemani oleh seorang anggota TNI.

Salah satu anggota Polisi Hutan Astan Wirya mengatakan, para pembalak dilengkapi surat rekomendasi dari kepala desa setempat, namun area yang mereka tebangi tidak sesuai dengan surat yang mereka miliki.

”Berdasarkan surat tadi keterangan surat dari desa yang ditandatangani sekdes itu bahwa rencana kayu ini akan dibuat untuk pembangunan Posramil yang ada di Lingsar. Nah saya sebagai polisi kehutanan menyerahkan kepada penyidik data-datanya, pelakunya kemudian alat bukti berupa surat tadi dan mesin beserta kayu,” kata Astan Wirya di Mataram, Kamis (28/11).

Sementara itu, Kepala Dinas Kehutanan NTB Abdul Hakim mengklaim tengah mengumpulkan berkas dan alat bukti atas dugaan keterlibatan aparat dalam pembalakan hutan itu. Abdul Hakim berjanji bakal menyeret para penebang liar dan pelindungnya tersebut ke meja hijau.

Editor: Anto Sidharta

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 14

Belajar HAM di Museum HAM Munir

Kabar Baru Jam 13

Kabar Baru Jam 12

Kabar Baru Jam 11