Kereta Pangrango Bogor-Sukabumi Sudah 'Meluncur'

KBR68H, Bogor

NUSANTARA

Sabtu, 09 Nov 2013 17:45 WIB

Author

Rafik Maeilana

Kereta Pangrango Bogor-Sukabumi Sudah 'Meluncur'

kereta pangrango, sukabumi, bogor

KBR68H, Bogor – Mulai hari ini PT KAI resmi mengoperasikan kereta Pangrango jurusan Bogor-Sukabumi.

Kereta ini menggantikan KRD Bumi Geulis yang berhenti beroperasi 15 Desember 2012 lalu. Direktur PT KAI Ignasius Jonan mengklaim, langkah ini bisa mengurangi kemacetan yang sering terjadi di jalur Bogor-Sukabumi. Dengan waktu tempuh selama 1,5 jam dari Bogor ke Sukabumi, Jonan yakin KA Pangrango akan menyedot minat warga untuk beralih moda transportasi. Pasalnya, Jalur Bogor - Sukabumi membutuhkan waktu 4 jam dengan kendaraan biasa.

“Kami sih berharap, mudah-mudahan kereta api ini bisa mengurangi beban kemacetan jalan raya,” katanya usai peresmian, Sabtu (9/11) pagi.

Dirut PT KAI Ignasius Jonan menambahkan, pihaknya menetapkan tiket untuk kereta Ekonomi AC Bogor- Sukabumi seharga Rp35 ribu. Sedangkan untuk kereta Ekskutif Bogor_Sukabumi sebesar Rp15 ribu. Tahun depan KAI juga berencana mengoperasikan kembali jalur Sukabumi hingga Cianjur.

Kereta Pangrango ini menggunakan lokomotif CC204 dengan rangkaian tersendiri dari satu kereta eksekutif, tiga kereta ekonomi AC dan 1 kereta pembangkit dengan kapasitas angkut sebanyak 368 penumpang. Kereta ini akan melintasi sekira 10 stasiun mulai dari Stasiun Bogor Paledang, Batu Tulis, Maseng, Cigombong, Cicurug, Parungkuda, Cibadak, Karang Tengah, Ciasaat dan Sukabumi.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Tim Teknis Pengungkapan Kasus Novel Dinilai Belum Ungkap Apapun