Kawin Suntik Gagal, Peternak Sapi Mengeluh

NUSANTARA

Jumat, 01 Nov 2013 16:22 WIB

Author

Pas 92 Tarakan

Kawin Suntik Gagal, Peternak Sapi Mengeluh

Kawin Suntik, Peternak Sapi, Tarakan

KBR68H, Tarakan– Para peternak sapi jenis bali di Tanjung Palas, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara mengeluhkan gagalnya Program Inseminasi Buatan (IB) atau kawin suntik terhadap ternak sapi mereka. 

Akibatnya para peternak terus merugi lantaran ternak sapi mereka tidak kunjung bertambah. Misalnya saja, beberapa sapi di Kampung Lebong yang sudah dilakukan IB sebanyak dua hingga riga kali pada musim kawin, tak juga membuahkan hasil.

Salah seorang peternak, Fadlan mengatakan, ia merugi karena kegagalan program inseminasi buatan ini. Karenanya, ia meminta Pemkab Bulungan melalui Dinas Pertanian Bidang Peternakan bisa memberikan bantuan sapi jantan sebagai pemacek /pejantan.

“Saya rugi pak menunggu setahun lebih ternyata sapi saya tak kunjung melahirkan, padahal kawin suntik sudah  dilakukan sebanyak 2 kali, nah untuk itu Kita minta sapi jantan aja supaya sapi betina milik kami bisa dikawinkan secara alami,” tegas Fadlan (30/10)

Sementara itu, Bagian Peternakan Dinas Pertanian Kabupaten Bulungan, drh. Jecky mengatakan, gagalnya pembuahan ketika IB dilaksanakan bisa dikarenakan adanya keterlambatan penyuntikan. Atau, lanjut dia, dikarenakan jarak tempuh yang terlalu jauh saat bibit cairan mulai diambil hingga ke tempat sapi yang ingin di IB.

“Tapi dalam hal ini kita akan terus berupaya membantu petani dan peternak. Mudah-mudahan ke depan seluruh IB yang dilaksanakan bisa membuahkan hasil yang maksimal,“ kata drh. Jecky di Tanjung Selor. (Sugeng)

Sumber: Pas 92 Tarakan
Editor: Anto Sidharta

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 8

News Beat

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19