NUSANTARA

Jelang Ulang Tahun Kemerdekaan Papua Barat, Aparat Perketat Pengamanan di Puncak Jaya

"Wilayah Puncak Jaya Papua menjadi perhatian utama polisi jelang perayaan hari ulang tahun Kemerdekaan Papua Barat 1 Desember mendatang"

Jelang Ulang Tahun Kemerdekaan Papua Barat, Aparat Perketat Pengamanan di Puncak Jaya
Papua Barat, Puncak Jaya, Kemerdekaan

KBR68H, Jayapura – Wilayah Puncak Jaya Papua menjadi perhatian utama polisi jelang perayaan hari ulang tahun Kemerdekaan Papua Barat 1 Desember mendatang.Kepala Kepolisian Daerah Papua, Tito Karnavian mengatakan, antisipasi pengamanan dan membangun komunikasi dengan kelompok yang berseberangan terus dilakukan. Seperti dengan kelompok Lambert Pekikir yang menguasai wilayah perbatasan Papua – PNG.

“Puncak Jaya menjadi antensi utama. Tapi saya sudah perintahkan Kapolres bersama sama dengan TNI dan Pemda membangun komunikasi. Karena permasalahan kelompok kelompok bersenjata, tidak sepenuhnya juga semuanya masalah ideology tapi juga masalah masalah pembangunan, kesejehteraan. Nah itu yang saya minta dikomunikasikan,” aku Tito.

Kepala Kepolisian Daerah Papua, Tito Karnavian menambahkan, daerah lain yang juga diwaspadai adalah Paniai, Jayawijaya, Biak, Keerom, dan Kepulauan Yapen. Sementara wilayah Papua Barat seperti Manokwari dan Sorong juga akan ditingkatkan pengamanannya. Sejak 1961 hingga kini masyarakat Papua selalu merayakan 1 Desember sebagai hari kemerdekaan Papua Barat, dengan melakukan berbagai kegiatan. Mulai dari ibadah, berunjuk rasa hingga upacara pengibaran bendera Bintang Kejora sebagai lambang kemerdekaan Papua dari penjajahan Belanda. 

  • Papua Barat
  • Puncak Jaya
  • Kemerdekaan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!