NUSANTARA

Gunung Sinabung Berstatus Awas, Jumlah Pengungsi Bertambah

"Jumlah desa yang warganya mengungsi akibat letusan Gunung Sinabung di Kabupaten Tanah Karo Sumatera Utara kini mencapai 21 desa."

Gunung Sinabung Berstatus Awas, Jumlah Pengungsi Bertambah
Pengungsi Sinabung, letusan gunung, desa mengungsi

KBR68H, Jakarta - Jumlah desa yang warganya mengungsi  akibat letusan Gunung Sinabung di Kabupaten Tanah Karo Sumatera Utara kini mencapai 21 desa. Sebelumnya hanya warga di 7 desa yang mengungsi akibat letusan Gunung Sinabung. Kepala pos pengamatan Gunung Sinabung Armyn Putra mengatakan, penduduk-penduduk desa itu diminta mengungsi karena lokasinya berpotensi dilewati awan panas.

"Masih tinggi dan potensi meletus masih ada. Sampai saat ini abu dan batuan masih ada dan mengarah ke timur. Desa yang diminta untuk mengungsi saat ini 17 dan udah ditambah empat desa di luar radius. Saat ini kita utamakan radius dalam lima kilometer. Empat desa itu di tenggara gunung karena ancamannya jalur awan panas mengarah ke sana," kata Kepala pos pengamatan Gunung Sinabung Armyn Putra ketika dihubungi KBR68H.

Status Gunung Sinabung naik menjadi level IV atau awas. Naiknya status ini karena gempa tremor yang terus terjadi dan makin banyaknya jumlah material yang keluar dari mulut gunung. Abu akibat letusan gunung tersebut bahkan mencapai provinsi Nangroe Aceh Darusalam. Padahal, Abu vulkanik tersebut sebelumnya hanya mencapai kota Medan yang berjarak seratusan kilometer dari Sinabung.


Editor : Sutami


  • Pengungsi Sinabung
  • letusan gunung
  • desa mengungsi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!