Bantul Berambisi Jadi Sentra Sorghum

Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggalakkan budidaya tanaman sorghum selama beberapa tahun terakhir.

NUSANTARA

Senin, 04 Nov 2013 16:05 WIB

Author

radio Star Jogja

Bantul Berambisi Jadi Sentra Sorghum

sorghum, bantul, yogyakarta

KBR68H, Bantul - Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggalakkan budidaya tanaman sorghum selama beberapa tahun terakhir.


Saat ini, terdapat 100 hektar lahan sorghum yang tersebar di 19 kecamatan dan dikelola 19 kelompok tani. Pemkab Bantul menargetkan luasan lahan bertambah hingga 400 hektar.


Bupati Bantul Sri Surya Widati mengatakan, selain di Srandakan, di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo juga menjadi pilot project penanaman Sorghum.


Sri Suryawidati menambahkan, Bantul sangat mendukung program penanaman sorghum, sebab manfaatnya banyak. Selain karena menunjang ketahanan pangan dan mengurangi impor tepung, semua bagian tanaman bermanfaat.


“Biji Sorghum dapat dimanfaatkan untuk pengganti tepung, batangnya untuk gula, ampasnya bisa untuk pakan ternak,” kata bupati. 


Selain itu, tanaman ini sangat mudah tumbuh termasuk di lahan marginal atau lahan pasir.


Editor: Antonius Eko 


Sumber: radio Star Jogja 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Cerdik Kelola THR

Kabar Baru Jam 8

Soal Kerumunan, Kegiatan Ibadah dan Ancaman Virus Covid-19 Varian Baru

Jihad itu Sebenarnya Apa Sih?