25 Persen ODHA di NTB adalah Ibu Rumah Tangga dan Bayi

KBR68H, Mataram - Hingga akhir tahun 2013, jumlah pengidap ODHA di Nusa Tenggara Barat mencapai 800-an orang lebih.

NUSANTARA

Jumat, 29 Nov 2013 10:44 WIB

Author

Zainudin Syafari

25 Persen ODHA di NTB adalah Ibu Rumah Tangga dan Bayi

ODHA, ibu rumah tangga, bayi, HIV AIDS

KBR68H, Mataram - Hingga akhir tahun 2013, jumlah pengidap ODHA di Nusa Tenggara Barat mencapai 800-an orang lebih. Sementara 12 diantaranya yang terjangkit virus ini adalah bayi dan ibu rumah tangga hampir mencapai 200 orang. Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi NTB Soeharmanto mengatakan, temuan terhadap kasus HIV/Aids ini didominasi oleh kelompok umur produktif yakni usia 20-25 tahun.

“ Ada umur delapan bulan itu sudah ditemukan. Kasusnya mungkin ada sekitar 12-an. Kemudian ibu rumah tangga itu ada sekitar 163 ibu rumah tangga yang notabene tidak pernah berbuat aneh-aneh ya. Dia setia terhadap suaminya tapi terkena juga, berarti dia dapat ”oleh-oleh” dari suaminya” kata Soeharmanto.

Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi NTB Soeharmanto menekankan pentingnya mendeteksi remaja yang tertular HIV agar segera diberikan penangulangan sejak awal, sebelum penderita berada di stadium AIDS. Dunia memperingati Hari AIDS setiap 1 Desember.

Sejak pertama kali ditemukan tahun 1987 sampai dengan Maret 2013, HIV-AIDS tersebar di 348 (70%) dari 497 kabupaten/kota di seluruh provinsi di Indonesia. Provinsi pertama kali ditemukan adanya kasus HIV-AIDS adalah Provinsi Bali, sedangkan yang terakhir melaporkan adalah Provinsi Sulawesi Barat pada tahun 2011.

Editor: Doddy Rosadi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17