Bagikan:

Mau Mampir ke ATM Tertinggi di Dunia?

Karena berada di ketinggian, gimana kalau ATM-nya macet atau kartunya tertelan?

NUSANTARA | INTERMEZZO | RAGAM

Jumat, 07 Okt 2022 12:19 WIB

Mau Mampir ke ATM Tertinggi di Dunia?

Sumber: alamy stock photo

KBR, Jakarta, Mari kita pergi ke ujung Pakistan, menuju mesin ATM yang berada di ketinggian tertinggi di dunia.

ATM Khunjerab Pass ini berada di ketinggian 4.693 meter, terletak di perbatasan Khunjerab Pass antara Cina dan Pakistan di provinsi Gilgit-Baltistan utara Pakistan. Uniknya, ATM ini beroperasi dengan bantuan tenaga surya dan angin, lho.

Butuh perjalanan ekstrem untuk sampai ke sana, karena karakteristik geografinya yang naik turun.

Namun, rasa lelah akan sirna setelah disuguhi pemandangan menakjubkan di sana. Ada pagar puncak gunung Karakoram yang tertutup salju terjal di pedalaman, dan Taman Nasional Khunjerab – rumah bagi macan tutul salju dan markhor, hewan nasional Pakistan – terbentang sejauh mata memandang.

Menurut laporan BBC.com, perjalanan dari Kota Gilgit membutuhkan waktu kurang lebih enam jam. Meski jalanan beraspal, tapi ketinggian yang menjadi persoalan. Udara bisa turun drastis hingga -5 celcius saat musim panas. Teriknya matahari yang menyengat karena tipisnya atmosfer.

Nah, karena berada di ketinggian, gimana kalau ATM-nya macet atau kartunya tertelan?

Tenang saja. Berdasarkan laporan BBC.com, ada petugas yang memantau dari cabang terdekat yang berlokasi di Sost City dengan jarak sekitar 87 kilo meter.

ATM yang dibangun oleh National Bank of Pakistan (NBP), mulai melayani masyarakat layaknya mesin bank lainnya, sejak 6 September 2016.

Saking tingginya keberadaan ATM ini, Guinness Book of Records pun menobatkannya sebagai ATM tertinggi di dunia pada 18 November 2016, seperti dilansir dari Worldatlas.com.

Tak hanya berguna bagi masyarakat sekitar, petugas perbatasan pun terbantu dengan kehadiran mesin ATM tersebut. Turis-turis pun tidak hanya datang berkunjung, tetapi juga ingin merasakan bertransaksi menggunakan ATM yang letaknya tertinggi di dunia. Tertarik mengunjunginya? (eka)

Sumber: bbc.com, worldatlas.com

Baca juga berita unik lainnya:

- Ayah, Ibu dan Anak Berulang Tahun di Hari yang

- Ada Pertanian Hello Kitty di Hongkong

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Kabar Baru Jam 7

Ekonomi Indonesia di Tengah Bayang-Bayang Ketidakpastian Global

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Komunitas Biboki Lestarikan Tenun Ikat Tradisional

Most Popular / Trending