covid-19

Korban Rusuh Yahukimo Dievakuasi ke Jayapura

Mereka yang dievakuasi ke Jayapura, terdiri dari perempuan dan anak anak.

BERITA | NUSANTARA

Rabu, 06 Okt 2021 14:23 WIB

Korban Rusuh Yahukimo Dievakuasi ke Jayapura

Ilustrasi kerusuhan. Foto: Jubi.co.id/Ist

KBR, Jayapura- Sejumlah korban luka akibat kerusuhan di Dekai, Ibu Kota Kabupaten Yahukimo, Papua, dirujuk ke Kota Jayapura pada Senin (4/10/2021).

Direktur Reserse dan Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Papua, Faizal Ramdhani mengatakan mereka yang dievakuasi ke Jayapura, terdiri dari perempuan dan anak anak.

Kata dia, mereka yang dievakuasi ke Jayapura adalah korban luka yang perlu penanganan medis lanjutan di rumah sakit dengan fasilitas memadai.

"Yang dibawa ke Jayapura dari Yahukimo tercatat ada 10 orang. Seluruhnya sepuluh orang, yang dimungkinkan dirujuk ke rumah sakit di Jayapura. Jumlah seluruhnya yang luka luka 43, jadi paling tidak ada 33 di Yahukimo masih dirawat," kata Faizal Ramdhani, Rabu (6/10/2021).

Direskrimum Polda Papua, Faizal Ramdhani mengklaim kini situasi di Dekai, Yahukimo telah kondusif. Akan tetapi aparat keamanan terus melakukan patroli rutin.

Baca juga: Belasan Tersangka Penyerangan Pos TNI di Papua Barat Masih Buron, Tujuh Ditangkap

Puluhan Orang Diperiksa

Sebanyak 56 orang yang diduga terlibat penyerangan pada Minggu (3/10/2021), sedang diperiksa di kantor polres setempat untuk mengetahui motif di balik aksi itu.

Polisi menyatakan, masih terus mengejar sejumlah orang. Mereka diduga terlibat dalam aksi yang menyebabkan enam orang meninggal dunia, puluhan terluka, serta tiga rumah warga dan satu hotel dibakar.

Bupati Yahukimo, Didimus Yahuli meminta aparat keamanan menangkap dan menindak para terduga pelaku penyerangan.

Menurutnya, peristiwa itu mestinya tidak terjadi. Untuk itu, perlu ada penegakan hukum sebagai pembelajaran terhadap masyarakat.

Pelaku penyerangan diduga kelompok masyarakat tertentu yang berasal dari dua distrik atau kecamatan di sana.

Baca juga: Klasemen Sementara PON Papua XX, Jakarta dan Papua Bersaing Ketat

Dugaan Penyebab Kerusuhan

Penyerangan sekelompok orang terhadap warga di beberapa lokasi di Yahukimo, terjadi Minggu (4/10/2021).

Aksi itu diduga dipicu meninggalnya bekas Bupati Yahukimo, Abock Busup. Ia ditemukan meninggal di salah satu kamar hotel di Jakarta, beberapa jam sebelum kerusuhan.

Beberapa jam setelahnya, diduga berkembang berbagai informasi mengenai penyebab meninggalnya ketua DPW Partai Amanat Nasional Provinsi Papua itu.

Pihak yang diduga pendukung almarhum, kemudian menyerang kelompok warga tertentu, dan membakar beberapa bangunan di sana.

Editor: Sindu

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Semai Toleransi ala Anak Muda Bandung