KM Liberty 01 Tenggelam, Tim SAR Temukan Tumpahan Minyak dan Pelampung

KM Liberty 01 Tenggelam, Tim SAR Temukan Tumpahan Minyak dan Pelampung

BERITA | NUSANTARA

Jumat, 29 Okt 2021 10:48 WIB

KM Liberty

Tim SAR menemukan jaket keselamatan milik KM Liberty 1 di laut utara Bali, Kamis (28/10/2021). (Foto: ANTARA/HO Basarnas Bali/Ayu Khania Pranisitha)

KBR, Banyuwangi - Tim SAR gabungan menemukan tumpahan minyak dan life jacket (jaket penyelamat) yang diduga milik KM Liberty 01 yang tenggelam di perairan utara Bali.

Juru bicara Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Kelas A Denpasar, Basarnas Bali, I Made Krisna Maharta mengatakan upaya pencarian dilakukan dengan mengerahkan Kapal Negara (KN) SAR 229, KRI Singa-651 dan satu unit Riged Inflatable Boat (RIB).

Dalam pencarian Kamis (28/10/2021), tim SAR tidak menemukan korban ABK KM liberty 01. Tim SAR hanya menemukan banyak tumpahan minyak serta muatan yang diduga milik KM Liberty 01.

Lokasi temuan berjarak sekitar 2,5 NM (nautical mil) atau sekitar 4,6 kilometer arah barat daya dari lokasi tenggelamnya KM liberty 01. Selain tumpahan minyak juga ditemukan life jaket di lokasi yang sama.

"Dari titik tenggelamnya KM Liberty ditemukan sekitar 2,5 nautical miles di arah barat daya. Arah barat sekitar 2 nautical miles. Atau kalau dari pesisir Tujukule itu kita hitung jaraknya agak dekat sekitar 9 nautical mile. Nanti kemungkinan itu sesuai perhitungan aplikasi dari Basarnas yaitu SARMAP, kemungkinan besok terus mengarah ke arah barat," kata I Made Krisna Maharta, Kamis (28/10/2021).

Baca juga:

I Made Krisna Maharta menambahkan, dari perhitungan aplikasi SARMAP milik Basarnas arah arus dan angin menuju ke barat, sehingga tim SAR akan melakukan perluasan pencarian hingga ke arah barat dan utara Singaraja.

Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi tujuh korban yang hilang dibawa arus menuju arah barat.

Hingga saat ini, ABK KM Liberty 01 yang berhasil ditemukan berjumlah delapan orang, tujuh orang selamat dan satu orang meninggal. Sedangkan tujuh orang ABK lainnya masih belum ditemukan dan dalam proses pencarian.

KM Liberty 01 tenggelam di perairan utara Bali pada Sabtu (23/10/2021), setelah dihantam badai. Kapal pengangkut kargo itu berangkat dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya menuju Nusa Tenggara Timur.

Baca juga:

Editor: Agus Luqman

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Bersiap Pelat Nomor Kendaraan Ganti Warna dan Dipasangi Chip