Pandemi Covid, Pemkot Balikpapan Anggarkan Dana untuk RT

"Pada prinsipnya kita setuju ada dana Covid-19 di RT, tapi memang karena anggaran (APBD Perubahan) sudah disahkan, nanti kita lihat kemungkinannya,”

BERITA | NUSANTARA

Rabu, 07 Okt 2020 11:13 WIB

Author

Teddy Rumengan

Pandemi Covid,   Pemkot Balikpapan Anggarkan Dana untuk RT

Ilustrasi (Foto:Antara)

KBR, Balikpapan- Pemerintah Kota Balikpapan, Kalimantan Timur akan mengalokasikan anggaran untuk Rukun Tetangga (RT) dalam penanganan covid-19. Alokasi dana diberikan karena tingginya klaster keluarga yang mencapai ratusan orang. 

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan, rencana itu muncul karena sejumlah RT yang mendatanginya meminta anggaran penanganan covid-19.

Dia pun kemudian menyampaikan ke DPRD dan mendapat persetujuan. Namun karena APBD Perubahan telah disahkan kemungkinan anggaran  akan diambil dari dana kelurahan.

Kata dia, saat ini tengah dihitung kebutuhan dan nominal anggaran yang akan diberikan masing-masing RT. Dia memastikan sebelum akhir tahun sudah diberikan.

"RT juga disediakan anggaran untuk penanganan covid-19. Waktu RDP (rapat dengat pendapat) dengan DPRD dan Tim Pansus Covid-19 DPRD kita sampaikan juga dan sekarang masih dalam pembahasan kita. Pada prinsipnya kita setuju ada dana Covid-19 di RT, tapi memang karena anggaran (APBD Perubahan) sudah disahkan, nanti kita lihat kemungkinannya,” ujar Rizal Effendi, Selasa (06/10) petang.

Rizal Effendi menambahkan, banyaknya klaster keluarga yang mencapai ratusan menjadi pertimbangannya untuk mengalokasikan anggaran penanganan di RT. Termasuk juga sejumlah perumahan yang warganya tertular covid-19.

Saat ini jumlah kasus positif covid-19 di Kota Balikpapan mencapai 3.200-an kasus dengan 197 kematian. Klaster keluarga, klaster perumahan hingga klaster perusahaan menjadi kasus yang terbanyak.

Editor: Rony Sitanggang


(Redaksi KBR mengajak untuk bersama melawan virus covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan  3M, yakni;  Memakai masker,  Mencuci tangan, dan  Menjaga jarak.)

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Slovakia Akan Gelar Tes Covid-19 Gratis

Eps6. Masyarakat Peduli Api

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Hoaks Covid Terus Berjangkit