Pandemi Covid-19, Cegah Klaster Baru Pemkab Cilacap Imbau Pabrik Batasi Karyawan

"Tetap 3M. Maksimal 30 persen. Pembatasan karyawan, karyawan dalam satu pabrik dibagi menjadi tiga shift per minggu,”

BERITA | NUSANTARA

Rabu, 14 Okt 2020 10:26 WIB

Author

Muhamad Ridlo Susanto

Pandemi Covid-19,  Cegah Klaster Baru Pemkab Cilacap Imbau Pabrik Batasi Karyawan

Ilustrasi: Tes usap terhadap pekerja di area kilang Pertamina Cilacap, Jawa Tengah, dalam rangka pencegahan COVID-19. (Foto: Antara)

KBR, Cilacap-  Pemerintah Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah mengimbau agar perusahaan dan pabrik di Cilacap ketat menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah munculnya klaster perusahaan atau pabrik. Imbauan ini disampaikan setelah munculnya klaster pesantren. Salah satu yang ditekankan adalah pembatasan jumlah karyawan masuk dalam satu waktu.

Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap, Farid Ma’ruf mengatakan para pengelola pabrik padat karya menerapkan sistem shift. Ada shift harian, ada pula shift mingguan. Dalam satu waktu, karyawan masuk dibatasi 35 persen atau sepertiga dari total kapasitas.

Selain itu, pengelola pabrik juga diwajibkan menyiapkan fasilitas pendukung, seperti masker, tempat cuci tangan, hingga memastikan ruangan memiliki sirkulasi udara yang baik. Secara rutin, area pabrik juga didisinfeksi.

"Seperti di Karangpucung itu kan, sudah beroperasi meski belum 100 persen. Termasuk warung makan, juga sudah buka. Tetapi itu, tetap 3M. Maksimal 30 persen. Pembatasan karyawan, karyawan dalam satu pabrik dibagi menjadi tiga shift per minggu,” kata Farid Ma’ruf.

Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap, Farid Ma’ruf menambahkan, pandemi Covid-19 tidak boleh menyebabkan roda perekonomian berhenti. Namun, protokol kesehatan juga harus tetap dipatuhi demi mencegah penularan Covid-19.

Pada pekan lalu di Cilacap muncul klaster pesantren yang menyebabkan lonjakan tinggi kasus Covid-19. Melalui swab massal, hingga kini terkonfirmasi sebanyak 170-an lebih santri terpapar Covid-19 di sebuah pesantren.

Editor: Rony Sitanggang


(Redaksi KBR mengajak untuk bersama melawan virus covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan  3M, yakni;  Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun.)

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Valentino Rossi Akan Kembali Ke Arena Balap Pada MotoGP Eropa

Kisruh Rencana Pengadaan Mobil Dinas Pimpinan KPK

Kabar Baru Jam 7

Nakesku Sayang, Nakesku Malang

Eps3. Ketika Burgermu Memanaskan Bumi