Jateng Beri Hadiah Warga Taat Protokol Kesehatan Bisa Dorong Perilaku Sehat

"Dampak yang kita harapkan adanya penguatan perilaku sehat mendorong lainnya mematuhi protokol kesehatan."

BERITA | NUSANTARA

Selasa, 13 Okt 2020 08:45 WIB

Author

Yudha Satriawan

Jateng Beri Hadiah  Warga Taat Protokol Kesehatan Bisa  Dorong Perilaku Sehat

Operasi protokol kesehatan di Surakarta, Jateng, Senin (12/10). (KBR/Yudha Satriawan)

KBR, Surakarta- Sejumlah daerah di Jawa Tengah mulai menerapkan pemberian hadiah bagi warga yang tertib dan mematuhi protokol kesehatan. Hadiah yang diberikan berupa uang sebesar 50 ribu rupiah.

Pakar Kesehatan Masyarakat dari Fakultas Kedokteran UNS Solo, Bhisma Murti mengatakan  model warga tertib protokol kesehatan akan berdampak baik pada penanganan kasus covid 19. Menurut Bhisma, langkah ini menjadi sisi penyeimbang penerapan sanksi atau hukuman bagi pelanggar protokol kesehatan.

"Tujuan atau efek pemberian hadiah bagi warga tertib protokol kesehatan. Nanti perannya sebagai role model, contoh perilaku sehat di masa pandemi. Ketika masyarakat tahu  bahwa mematuhi protokol kesehatan akan dapat penghargaan atau apresiasi oleh pemerintah misalnya. Dampak yang kita harapkan adanya penguatan perilaku sehat mendorong lainnya mematuhi protokol kesehatan. Kalau bentuknya uang, ada kemungkinan penggunaan yang salah, untuk beli rokok misalnya. Ini bukan perilaku yang diharapkan tetapi beri barang-barang yang menyehatkan, bahan pangan pokok, sayuran, kebutuhan sanitasi, kebersihan, dan lain-lain". Ujar dia.

Daerah yang mulai menerapkan pembagian hadiah bagi warga tertib dan patuh protokol kesehatan antara lain Semarang dan Kebumen. Secara acak saat menggelar razia masker, petugas akan memilih sejumlah warga yang mematuhi protokol kesehatan antara lain bermasker sesuai aturan dan menjadi contoh bagi warga lainnya.

Hadiah berupa pemberian masker dan uang senilai puluhan ribu rupiah per orang. Berikutnya, hadiah uang akan diganti dengan bahan pangan pokok.

Editor: Rony Sitanggang

(Redaksi KBR mengajak untuk bersama melawan virus covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun.)


Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Valentino Rossi Akan Kembali Ke Arena Balap Pada MotoGP Eropa

Kisruh Rencana Pengadaan Mobil Dinas Pimpinan KPK

Kabar Baru Jam 7

Nakesku Sayang, Nakesku Malang

Eps3. Ketika Burgermu Memanaskan Bumi