Empat Desa di Cilacap Terendam Banjir, Ratusan Jiwa Mengungsi

Dua korban banjir terkonfirmasi positif Covid-19

BERITA | NUSANTARA

Jumat, 30 Okt 2020 13:02 WIB

Author

Muhamad Ridlo Susanto

Empat Desa di Cilacap Terendam Banjir, Ratusan Jiwa Mengungsi

Banjir merendam rumah warga dan tempat usaha di Cilacap, Jawa Tengah. Foto: BNPB

KBR, Cilacap - Hujan deras beberapa hari terakhir menyebabkan Sungai Salak di Cilacap, Jawa Tengah meluap dan menyebabkan jebolnya tanggul di sejumlah titik. Akibatnya, empat desa di Kecamatan Kroya terendam banjir.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Cilacap I Nyoman Sidakarya mengatakan, sekitar 400 warga telah dievakuasi hingga Kamis (29/10/30) malam. Evakuasi diprioritaskan untuk kelompok rentan seperti balita, ibu hamil, orang sakit dan lansia.

"Beberapa desa terendam banjir seperti Desa Mujur, Sikampuh, Kedawung dan Gentasari, Kecamatan Kroya. Untuk ketinggian air antara 50 sentimeter hingga 1 meter," kata I Nyoman di Cilacap, Kamis (29/10/2020).

Titik pengungsian dikonsentrasikan di Desa Mujur Lor, Bander Mujur, Sikampuh dan Kedawung. Lokasi pengungsian dipastikan aman dari genangan air dan relatif dekat dengan tempat tinggal warga korban banjir.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan ada dua warga korban banjir Cilacap yang positif Covid-19. Keduanya merupakan satu keluarga. Saat ini mereka tengah menjalani isolasi mandiri di Rumah Sakit Medika, Banyumas.

Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati mengatakan pelacakan kontak erat dua pasien telah dilakukan.

"Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Cilacap sudah melakukan tracing kepada 15 warga yang kontak erat," ujar Raditya lewat keterangan tertulis pada Kamis (29/10/2020).

Raditya mengingatkan hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang masih berpotensi terjadi di Jawa Tengah hingga Jumat (30/10/2020). Hal ini berdasarkan prakiraan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Selain Jawa Tengah, wilayah lain yang memiliki prakiraan cuaca serupa meliputi Aceh, Sumatera Utara, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku Utara dan Papua.

BNPB meminta pemda di wilayah tersebut melakukan upaya mitigasi bencana. Selain itu, pemda dan masyarakat juga diingatkan untuk selalu menerapkan protokol kesehatan baik di lingkungan rumah maupun di lokasi pengungsian.

Editor: Ninik Yuniati

(Redaksi KBR mengajak untuk bersama melawan virus Covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun).

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Dorong Penggunaan Medis, PBB Hapus Ganja dari Daftar Narkotika Paling Berbahaya

Liburan di Rumah Aja! #coronamasihada

Eps9. Bijak Energi

Menanti Nasib Ekspor Benur

Kabar Baru Jam 7