BERITA

Permintaan Pengungsi Syiah Sampang kepada Pemerintahan Jokowi

"Di periode kedua ini semoga pemerintahan Jokowi dan Maruf Amin beserta kabinetnya bisa memulangkan kami dan mengatasi kelompok radikal"

Budi Prasetiyo

Permintaan Pengungsi Syiah Sampang kepada Pemerintahan Jokowi
Suasana pengungsian warga Syiah Sampang di Rusun Puspo Agro Jemundo, Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (15/2/2018). (Foto: ANTARA/Umarul Faruq)

KBR, Surabaya - Sudah bertahun-tahun sekitar seratusan warga Syiah Sampang mengungsi di Rusun Puspa Agro Taman, Sidoarjo, Jawa Timur. Mereka terusir dari kampung halamannya di Madura karena menjadi konflik sentimen agama.

Salah seorang pengungsi, Nur Kholis berharap Presiden Joko Widodo yang kembali menjabat periode kedua ini bisa membantu mereka pulang kembali ke kampung halaman di Madura. Ia juga meminta Presiden Jokowi tegas menghadapi kelompok radikal yang mengancam NKRI.


"Harapan kami ingin pulang. Di periode kedua ini semoga pemerintahan Jokowi dan Maruf Amin beserta kabinetnya bisa memulangkan kami dan mengatasi kelompok radikal," kata Nur Kholis ketika ditemui KBR di pengungsian Sidoarjo, Rabu (23/10/2019).


Baca juga:


Nur Kholis mengatakan beberapa tahun tinggal di pengungsian sangat menderita. Nasib mereka hingga kini masih menggantung karena masalah yang lama tidak kunjung diselesaikan oleh pemerintah.


Nur Kholis bersama ratusan warga Syiah ingin berkumpul dengan anggota keluarga mereka di Sampang Madura.


"Kami sudah tidak betah. Meskipun rumah kami tidak nyaman, kami ingin pulang ke kampung halaman," katanya.


Menurut Nur Kholis, beberapa warga selama bertahun tahun hanya bekerja serabutan. Bahkan, warga yang sudah mulai tua terpaksa menganggur karena tenaga tidak kuat lagi untuk bekerja serabutan. Kata Nur Kholis, mereka ingin kembali bisa beraktifitas bercocok tanam, seperti ketika kondisi normal dulu.


"Kondisi warga di pengungsian tidak berubah. Ada yang kerja serabutan dan kalau yang tua nggak bisa lagi kerja," katanya.


Ratusan warga Syiah asal Sampang itu mengungsi ke Surabaya, dan ditampung di Rusun Puspa Agro sejak beberapa tahun yang lalu. Mereka terusir dari kampung halaman, ketika terjadi konflik di wilayah itu.


Hingga kini, merek hidup tidak menentu di Rusun milik Pemprov Jatim itu.


Baca juga:


Editor: Agus Luqman 

  • Syiah Sampang
  • pengungsi syiah sampang
  • korban konflik
  • pengungsi korban konflik
  • Madura
  • radikalisme
  • garis keras

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!