Sembilan Kabupaten di Aceh Terendam Banjir

”Ada tanggul sungai yang jebol, makanya air meluap ke Kampung-kampung"

BERITA , NUSANTARA

Senin, 08 Okt 2018 13:48 WIB

Author

Erwin Jalaludin

Sembilan Kabupaten di Aceh Terendam Banjir

Banjir yang menerjang 9 Kabupaten di wilayah Provinsi Aceh. (Foto: KBR/Erwin Jalaluddin)

KBR, Aceh– Banjir terus meluas hingga ke sembilan kabupaten di Provinsi Aceh usai hujan deras mengguyur pada Senin (10/08). Di antaranya Kabupaten Aceh Utara, Aceh Barat, Aceh Barat Daya, Aceh Singkil, Aceh Selatan, Nagan Raya, Aceh Tamiang, Aceh Tengah dan Aceh Tenggara.

Menurut Kepala Bidang Kedaruratan, Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Syahril, tingginya curah hujan menyebabkan air sungai  meluap memasuki permukiman penduduk.

Kondisi ini diperparah dengan banyaknya tanggul yang jebol di beberapa kabupaten.

”Ada tanggul sungai yang jebol, makanya air meluap ke Kampung-kampung. Kalaupun nanti dikeluarkan status sama Bupati setempat, kita dari Provinsi akan drop atau salurkan bantuan ke sana,” kata Syahril kepada KBR.

Ia menambahkan,  sudah mengintruksikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di 9 Kabupaten itu untuk terus menanggulangi bencana alam tersebut.

Syahril mengatakan, jika banjir bertambah parah untuk segera ditetapkan status darurat melalui surat yang ditangani Bupati bersangkutan dan segera dipasok bantuan dari Pemprov Aceh.

”Yang parah banjir itu di Aceh Utara, Aceh Tamiang, Singkil, dan Aceh Barat Daya. Warga di sana masih ada yang mengungsi, tetapi ada juga yang memilih kembali ke rumah seiring mulai berangsur-angur surutnya genangan air,” pungkasnya.

Editor: Kurniati

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Recent Podcast

September ini merupakan gelombang ketiga penetapan anggota DPRD Kota Malang sebagai tersangka oleh KPK.

Dengan langkah terbaru dari polisi, Istana mengklaim: Negara serius menuntaskan kasus Munir.

Aturan yang ada sangat mudah digunakan kelompok tertentu untuk melakukan persekusi atau kekerasan.

KPU tak kalah ngotot, meminta KPU daerah menunda proses pencaloan 12 nama bakal caleg eks napi korupsi yang sudah diloloskan Bawaslu.

Pelemahan rupiah karena kebijakan bank sentral AS The Fed, juga perang dagang AS-China.