Share This

Ratusan Desa di Jawa Timur Dilanda Kekeringan

Hampir 200 desa di Jawa Timur dilanda kekeringan. Sementara 223 desa lainnya tergolong wilayah rawan kekeringan akibat kemarau panjang.

BERITA , NUSANTARA

Selasa, 16 Okt 2018 22:53 WIB

Ilustrasi: Distribusi air ke daerah terdampak kekeringan. (Foto: BPBD Tasikmalaya)

KBR, Surabaya - Hampir 200 desa di Jawa Timur dilanda kekeringan. Sementara 223 desa lainnya tergolong wilayah rawan kekeringan akibat kemarau panjang.

Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengatakan, setiap hari Pemprov bersama masing-masing Pemkab mendistribusikan air untuk memenuhi kebutuhan warga di daerah terdampak. "Jadi ada 199 desa yang mengalami kekeringan total. Kami setiap hari melakukan droping air, karena memang tidak ada sama sekali," tutur Soekarwo di Gedung Grahadi Surabaya, Selasa (16/10/2018). 

Kata dia, sebagian besar desa yang terdampak kekeringan itu ada di Jawa Timur bagian selatan. Di antaranya Trenggalek dan Ponorogo. Sementara persediaan air di desa-desa yang masuk wilayah rawan kekeringan, menurutnya sudah menipis maka harus dibangun sumur bor.

"Jadi yang 223 desa memang ada air juga tetapi tidak banyak. Jadi beberapa titik dibor dan memang menggunakan anggaran pada tahun ini," tambahnya.

Soekarwo menjelaskan, untuk mengantisipasi kekeringan ke depan, Pemprov Jatim juga telah membangun embung di beberapa titik guna menampung air ketika hujan. Ia berharap embung itu bisa digunakan sebagai penyimpanan air sehingga kelak saat kemarau panjang, kebutuhan warga air tercukupi.

"Kami tetap standby karena ada tangki di setiap badan perwakilan provinsi. Ada alatnya di situ. Kalau yang 223 tahun ini selesai sumur air dalam," pungkas Soekarwo.

Baca juga:




Editor: Nurika Manan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Recent Podcast

September ini merupakan gelombang ketiga penetapan anggota DPRD Kota Malang sebagai tersangka oleh KPK.

Dengan langkah terbaru dari polisi, Istana mengklaim: Negara serius menuntaskan kasus Munir.

Aturan yang ada sangat mudah digunakan kelompok tertentu untuk melakukan persekusi atau kekerasan.

KPU tak kalah ngotot, meminta KPU daerah menunda proses pencaloan 12 nama bakal caleg eks napi korupsi yang sudah diloloskan Bawaslu.

Pelemahan rupiah karena kebijakan bank sentral AS The Fed, juga perang dagang AS-China.