BERITA

Pagi Ini, Tim Gabungan Lanjutkan Penyisiran Korban Jembatan Ambruk di Bali

Pagi Ini, Tim Gabungan Lanjutkan Penyisiran Korban Jembatan Ambruk di Bali



KBR, Jakarta - Pencarian korban akibat ambruknya jembatan penyeberangan yang mengubungkan Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan, di Bali kembali dilanjutkan pagi ini (Senin, 17/10/2016). Sebab menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bali Dewa Made Indra, penyisiran pada malam tadi (Minggu, 16/10/2016) terpaksa dihentikan sementara lantaran kondisi gelap menyulitkan tim.

"(Masih ada korban yang belum ditemukan?) Itu yang belum diketahui. Karena malam, jadi akses transportasi ke sana juga tidak bisa. Jadi untuk sementara dihentikan. Kami juga belum tahu, warga di sana juga belum tahu apa masih ada yang dibawah atau tidak," papar Made Indra kepada KBR.

"Kami akan ke sana memastikan apakah masih ada orang hilang atau tidak. Ini kan kejadiannya malam. Penerangan di sana juga tidak ada, warga juga tidak berani karena gelombang air laut lagi pasang," imbuhnya.

Sementara ini, BPBD mencatat sebanyak delapan orang tewas dan 30 lainnya luka-luka akibat robohnya jembatan. Hingga kini belum diketahui penyebab kejadian tersebut. Namun kata Made Indra, dugaan sementara menunjukkan ambruknya jembatan penghubung dua pulau kecil di timur Bali itu lantaran kelebihan beban. Sehingga, seling jembatan putus.

Made Indra menuturkan, beberapa kali jembatan penyeberangan itu rusak kendati sudah diperbaiki.

Baca juga:

    <li><b><a href="http://kbr.id/headline/10-2016/jembatan_lembongan_ambruk__8_tewas_dan_30_luka/85951.html">    Catatan Korban Ambruknya Jembatan Lembongan</a></b></li>
    
    <li><b><a href="http://kbr.id/02-2016/jembatan_roboh__dua_desa_di_jombang_terisolir/78595.html">Jembatan Roboh di Jombang</a></b> </li></ul>
    

    Saat roboh, menurut Made Indra, di atas jembatan terdapat banyak warga. Sebab saat itu sedang berlangsung upacara keagamaan di Pura Bakung Ceningan, yakni Hari Nyepi Segara. Ritual tak dilakukan di laut, sehingga banyak warga yang melewati jembatan.

    Sebelum runtuh pada Minggu (16/10/2016) malam sekitar pukul 18.30 Wita, jembatan sudah goyang-goyang hingga kemudian ambruk. Beberapa pengendara motor dan pejalan kaki terjatuh ke laut yang sedang surut. Sebagian kemudian berenang dan berjalan menuju selat. Sementara, warga lainnya berusaha menyelamatkan korban.



    Editor: Nurika Manan

  • jembatan lembongan
  • lembongan
  • Jembatan Ambruk
  • Bali
  • BPBD Bali
  • klungkung

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!