BERITA

Konversi Gas Elpiji Tak Kunjung Jalan, Pemda di Pulau Sumbawa Persoalkan Infrastruktur

Konversi Gas Elpiji Tak Kunjung Jalan, Pemda di Pulau Sumbawa Persoalkan Infrastruktur



KBR, Mataram - Masyarakat di pulau Sumbawa Nusa Tenggara Barat hingga kini masih menggunakan minyak tanah sebagai sumber energi bahan bakar rumah tangga.

Namun keberadaan minyak tanah sering langka, karena tingginya kebutuhan warga. Karena itu masyarakat di Pulau Sumbawa masih menunggu realisasi konversi minyak tanah ke gas elpiji yang akan dilakukan oleh Pertamina.


Bupati Kabupaten Bima Indah Damayanti Putri mengatakan konversi minyak tanah ke gas elpiji rencananya akan segera diberlakukan di pulau Sumbawa, termasuk di Kabupaten Bima.


Infrastruktur berupa depo gas elpiji rencananya akan dibangun di Bima untuk melayani tiga wilayah seperti Kota Bima dan Dompu.


"Dalam waktu dekat akan dilaksanakan konversi itu. Di beberapa tempat memang sudah ada yang sosialisasi. Stok minyak tanah masih sering terjadi kelangkaan, karena memang kebutuhan masyarakatnya yang sangat besar. Karena selama ini belum terpenuhi secara merata. Mudah-mudahan lewat konversi ini kebutuhan masyarakat bisa terlayani semua," kata Indah Damayanti Putri, Senin (24/10/2016).


Baca juga:

    <li><b><a href="http://kbr.id/05-2015/tahun_depan__konversi_gas_elpiji_di_pulau_sumbawa_harus_dilakukan/70697.html"> DPR Minta Konversi Gas di Sumbawa Dimulai 2016</a>  </b></li>
    
    <li><b><a href="http://kbr.id/07-2016/konversi_elpiji_di_pulau_sumbawa_ditarget_awal_2018/83358.html"> DPR Berharap Infrastruktur Elpiji Siap 2017</a> </b></li></ul>
    


    Pemerintah Kabupaten Sumbawa juga menyatakan siap melakukan konversi minyak tanah ke gas elpiji. Hanya saja, Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa Mahmud Abdullah mengatakan, untuk melaksanakan konversi semua infrastruktur dasar harus terbangun lebih dahulu supaya tidak menjadi kendala dalam penyediaan pasokan gas elpiji yang berkelanjutan.


    Program konversi minyak tanah ke gas elpiji di Pulau Sumbawa sudah sejak lama diwacanakan. Komisi VII bidang Energi dan Sumberdaya Mineral DPR mendorong agar Pertamina lebih cepat merealisasikan program konversi tersebut, mengingat konversi elpiji di Pulau Lombok sudah diberlakukan sejak 2011 lalu.


    Anggota  komisi VII DPR dari NTB Kurtubi mengatakan, selama ini hambatan utama program konversi elpiji di Pulau Sumbawa  adalah ketersediaan infrastruktur. Karena itu di APBN 2017 nanti, terdapat alokasi anggaran untuk membangun depo elpiji yang berlokasi di kompleks Depo Pertamina Bima.


    Baca: Konversi Gas Gagal, Warga Perbatasan Gunakan LPG Malaysia

    Editor: Agus Luqman 

  • Program Konversi Minyak Tanah ke Gas Elpiji
  • Sumbawa
  • Bima
  • Nusa Tenggara Barat
  • NTB

Komentar (1)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • Fernando T7 years ago

    program konversinya sudah tepat, cuman jgn hanya wacana di media untuk mencari popularitas sebagai pejabat publik, tapi realisasikan secepatx, krn smakin lama rakyat juga semakin risih dgn distribusi mitan yg tdk merata dan sangat terbatas, semoga bupati di pulau sumbawa cepat menjemput itu untuk menjawab kebutuan rakyat...