BERITA

Ini Alasan 10 Ribu e-KTP di Banyuwangi Belum Bisa Dicetak

"Sebanyak 10 ribu kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) warga di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur urung tercetak."

Ini Alasan 10 Ribu e-KTP di Banyuwangi Belum Bisa Dicetak
Ilustrasi: Perekaman e-KTP. (Foto: Antara)

KBR, Banyuwangi - Sebanyak 10 ribu kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) warga di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur urung tercetak. Ini lantaran suplai blangko e-KTP dari Kementerian Dalam Negeri terhenti.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, berdasarkan surat Dirjen Kependudukan dan Catat sipil Kemendagri, stok Blangko e-KTP habis sejak 1 Oktober 2016 lalu dan akan dicetak kembali pada November 2016. Meski e-KTP belum bisa dicetak, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat tetap mencetak surat keterangan penganti e-KTP bagi warga yang sudah merekam data.

"Persoalanya seluruh Indonesia dari Kemendagri, karena dia anggarannya belum cair dari Kementerian Keuangan maka pencetakan balangko KTP belum jalan. Jadi sekarang hampir semua Kabupaten/Kota tidak bisa mencetak KTP karena blangkonya tidak ada," kata Abdullah Azwar Anas di Banyuwangi, Sabtu (15/10/2016).

"Termasuk di Banyuwangi karena problemnya blangko KTP dari Kemendagri," imbuhnya.

Baca juga:

Surat keterangan pengganti e-KTP itu dikeluarkan agar kepentingan warga tak terganggu. Sesuai instruksi Kemendagri, surat keterangan pengganti e-KTP diberikan kepada masyarakat yang sudah melakukan perekaman data.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas pun menambahkan, surat keterangan penganti e-KTP itu bisa digunakan untuk kepentingan Pemilu, pemilihan kepala daerah, pilkades dan kepentingan lain yang membutuhkan kartu identitas. Hingga kini, Warga Banyuwangi yang belum melakukan perekaman data e-KTP mencapai lebih dari 13 ribu orang dari total 1,2 juta orang.




Editor: Nurika Manan

  • e-KTP
  • Perekaman e-KTP
  • banyuwangi
  • Pemkab Banyuwangi
  • Abdullah Azwar Anas

Komentar (1)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • Tsabita wafa qonita7 years ago

    Saya tggal di kecamatan kalipuro banyuwangi. Saya sdah melakukan rekaman KTP sudah 9bulan yang lalu. Dan saya sdah beberapakali ke kecamatan untuk menanyakan bagaimana proses E.KTP saya dan mmang smpai skarang blum jadi juga. Sdangkan saya mmbutuhkannya. Kira2 apa kndala sebenarnya dalam proses pembuatan KTP di banyuwangi ini. ????