BERITA

12 Tahun Mati Suri, Pelabuhan Somber Balikpapan Akan Dihidupkan Kembali

"Pelabuhan Somber pernah digunakan untuk melayani kegiatan transportasi penumpang, dari Balikpapan menuju Penajam Paser Utara sejak 1979 hingga 2004."

12 Tahun Mati Suri, Pelabuhan Somber Balikpapan Akan Dihidupkan Kembali
Kendaraan tangki melintas dekat dermaga Pelabuhan Somber, Balikpapan, Kalimantan Timur. (Foto: dishub.balikpapan.go.id)



KBR, Balikpapan - Pemerintah Kota Balikpapan Kalimantan Timur dalam waktu dekat akan memiliki pelabuhan khusus untuk bongkar muat bahan-bahan kebutuhan pokok (sembako).

Wakil Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud mengatakan Pelabuhan Somber di Kecamatan Balikpapan Utara akan dioperasikan pada akhir tahun 2016.


Pelabuhan Somber pernah digunakan untuk melayani kegiatan transportasi penumpang, dari Balikpapan menuju Penajam Paser Utara sejak 1979. Namun pelabuhan ini berhenti beroperasi sejak 2004 karena sengketa pemilikan lahan.


Kini Pelabuhan Somber di Kilometer 3,5 itu akan dihidupkan kembali terutama untuk kegiatan bongkar muat barang kebutuhan pokok.


Rahmad Mas'ud mengatakan berfungsinya kembali pelabuhan khusus bongkar muat sembako diharapkan akan mampu menekan harga maupun inflasi. Apalagi inflasi Balikpapan tertinggi di Kalimantan.


Ia mengatakan anggaran yang keluarkan untuk mengoperasikan kembali pelabuhan itu tidak mencapai Rp30 miliar. Saat ini pemerintah daerah sedang mempercepat pengerjaan pelabuhan tersebut. Diantaranya perijinan pelabuhan dan bongkar muat, serta pembangunan infrastruktur seperti sandar kapal, terminal parkir hingga fasilitas pendukung.


"Kita benahi di sektor itu dulu. Untuk memperbaiki dan menekan harga-harga barang yang masuk di Kota Balikpapan salah satunya (yang perlu diperhatikan adalah) sektor pelabuhan, itu yang kita kejar sekarang. Sudah siap, artinya jalan terus (pembangunannya) mulai dari perijinan, juga fasilitasnya," ujar Rahmad Mas’ud di Balikpapan, Rabu (5/10/2016).


Rahmad Masud meyakini selama ini tingginya harga kebutuhan masyarakat khususnya sembako di Kota Balikpapan disebabkan karena lamanya bongkar muat di pelabuhan dan besarnya biaya transportasi.


Hingga saat ini sekitar 99 persen kebutuhan masyarakat Kota Balikpapan didatangkan dari Pulau Jawa, Sulawesi maupun daerah lain di Indonesia. Hal itu menyebabkan biaya hidup di Balikpapan termasuk termahal di Indonesia.


Editor: Agus Luqman 

  • Balikpapan
  • Kalimantan Timur
  • pelabuhan bongkar muat
  • biaya hidup
  • inflasi
  • harga kebutuhan pokok

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!