Wapres Ajak Ulama dan Akademikus Berperan Cegah Konflik

Kata JK, pemerintah berupaya membuat kesejahteraan rakyatnya agar adil dan merata.

BERITA | NUSANTARA

Sabtu, 31 Okt 2015 17:21 WIB

Author

Eko Widianto

Wapres Ajak Ulama dan Akademikus Berperan Cegah Konflik

Wakil Presiden Jusuf Kalla (Foto: Antara)

KBR, Malang- Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta perguruan tinggi dan ulama berperan untuk menciptakan perdamaian. Tujuannya untuk menghindari konflik antar umat Islam maupun konflik antar agama. Seperti konflik yang melanda sejumlah negara berpenduduk Islam mulai Mesir, Suriah, Irak, Afghanistan dan Yaman. 

Kata dia, konflik di negara Islam menyebabkan penduduk eksodus ke negara non muslim. Selain itu, konflik juga menyebabkan kemiskinan.

"Bagaimana pentingnya kehidupan masyarakat yang stabil, agar Indonesia terhindar dari masalah yang menimpa negara Islam di dunia. Hanya dengan pemahaman Islam yang baik, Islam Rahmatan Lil Alamin yang sering kita sebut. Supaya Indonesia berbeda dan lebih baik dari negara lain," ujarnya saat mengunjungi Universitas Islam Malang, Sabtu (31/10).

Jusuf Kalla menambahkan pemerintah harus menciptakan kemakmuran  dan berbuat adil untuk rakyatnya. Ujarnya, paham radikalisme ditimbulkan karena kehidupan tak imbang dan tidak ada keadilan. 

"Belajar dari konflik di Ambon, Poso, ISIS, Al Qaedah. Semua timbul karena kemiskinan dan ketidakmampuan negara mengurus masyarakat nya," tutupnya. 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 14

Kabar Baru Jam 13

Kabar Baru Jam 12

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru jam 10