HEADLINE

Ratusan Pendaki Gunung Rinjani Dievakuasi

"Pagi tadi, Gunung Barujari di kawasan pegunungan Rinjani meletus sekitar pukul 10.45 WITA."

Hanafi

Ratusan Pendaki Gunung Rinjani Dievakuasi
Ilustrasi gunung meletus

KBR, Lombok - Taman Nasional Gunung Rinjani mengevakuasi lebih dari 500 pendaki, termasuk umat Hindu yang telah melakukan ritual keagamaan, Mulang Pekelem. Evakuasi ini dilakukan akibat meletusnya Gunung Barujari di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. "Ratusan pendaki tersebut dievakuasi melalui jalur Torean yang berada pertengahan Desa Senaru dan Sembalun," ujar Plt. Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional wilayah I, Budi Soesmardi.

Berdasarkan laporan kontributor KBR, Hanafi di kawasan Rinjani, Gunung Barujari yang memiliki ketinggian 2.296 - 2376 meter dari permukaan laut (mdpl) saat ini masih mengeluarkan asap dan debu dalam skala kecil. Debu ini membuat pemandangan gunung dari Desa Senaru, Lombok Utara tertutup.

Menurut Budi, untuk sementara aktivitas pendakian ditutup. "Kami tidak ingin kejadian seperti di Lawu dan Semeru. Untuk status kegunungapian kami menunggu rekomendasi BMKG. Apakah dia waspada atau siaga. Apakah bisa didaki dengan syarat," tambah Budi. 

Oleh warga Pulau Lombok, Gunung Barujari juga disebut anak Gunung Rinjani. Ini lantaran gunung tersebut terbentuk di kaldera Danau Segara Anak Gunung Rinjani. Gunung ini pernah meletus pada 2 Mei 2009 lalu.


Pagi tadi, Gunung Barujari di kawasan pegunungan Rinjani meletus sekitar pukul 10.45 WITA.


Editor: Damar Fery Ardiyan 

  • Gunung Rinjani Meletus
  • Gunung Barujari Meletus
  • Evakuasi Pendaki

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!