BERITA

Puluhan Penyandang Gangguan Jiwa di Jombang Masih Terpasung

"Dinas Kesehatan setempat bahkan mencatat 30 dari 400 pasien jiwa, masih dalam keadaan terpasung. "

Puluhan Penyandang Gangguan Jiwa di Jombang Masih Terpasung
Lepas pasung. Sutiwi, penyandang gangguan jiwa warga Desa Sukoiber, Kecamatan Gudo, saat dilakukan pelepasan pasung oleh petugas Dinkes. Foto: Muji Lestari KBR

KBR, Jombang - Jumlah warga yang mengalami gangguan jiwa di Jombang,Jawa Timur cukup signifikan mencapai 400 orang.

Dinas Kesehatan Jombang menyebutkan dari jumlah itu, sekitar 30 orang masih dalam keadaan terpasung.

Tim gabungan Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten Jombang terus berupaya melakukan penyehatan kepada warga penyandang gangguan jiwa. Yakni memberi perawatan dan pelepasan pasung secara berkala.

Perawat Spesialis jiwa Dinkes Jatim,Heny Dwi Indrawati mengatakan perawatan berkala dengan pelepasan pasung dilakukan rutin setiap bulan.

Pengawasan intensif terus dilakukan oleh petugas dan pihak keluarga kepada ratusan pasien jiwa, baik yang masih terpasung maupun yang sudah dilepaskan.

"Yang dipasung saat ini sekitar 31 orang,yang kondisinya seperti ini. Tetapi estimasi kita sekitar 400an, estimasi itu dihitungnya dari jumlah penduduk, tetapi. Yang sudah kita tangani sudah ada perbaikan itu masih sekitar 30 orang", kata Heny, usai melepas pasung pasien, Sutiwi (47) warga Desa Sukoiber, Kecamatan Gudo, Sabu (03/10/15).


Secara berkala, seluruh pasien jiwa diperiksa kesehatan fisik dan jiwanya serta diberikan konsultasi. Hasil pemeriksaan dan perkembangan pasien itu dicatat dalam buku Kartu Menuju Sehat (KMS).

Perawat Spesialis jiwa Dinkes Jatim Heny Dwi Indrawati menambahkan, dalam dua tahun terakhir, jumlah warga dengan gangguan kejiwaan di Jombang tercatat sekitar 1100 orang.

Dinas Kesehatan mengklaim dengan penanganan serius yang dilakukan patugas dinas kesehatan, jumlah tersebut berkurang cukup signifikan hingga tersisa 400 pasien dengan kondisi dan latar belakang yang berbeda-beda.

Editor: Agus Luqman

  • Penyandang gangguan jiwa
  • Pasung
  • Pemasungan
  • terpasung
  • Dinas Kesehatan Jombang

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!