BERITA

Kemenhan Targetkan 309 Kilometer Jalan Patroli Perbatasan Rampung Tahun Ini

Kemenhan Targetkan 309 Kilometer Jalan Patroli Perbatasan Rampung Tahun Ini

KBR, Entikong - Kementerian Pertahanan (Kemenhan) tahun ini menargetkan bisa merampungkan 309 kilometer Jalan Inspeksi Patroli Perbatasan (JIPP) antara Indonesia dengan Malaysia, yang berada di Entikong, Kalimantan Barat. Saat ini jalan inspeksi yang baru diselesaikan masih sekitar 30 kilometer.

Komandan Satgas Pelaksana Pembangunan, Pengamanan dan Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Kawasan Perbatasan Negara, Subagyo mengatakan, jalan ini nantinya akan mempermudah patroli di wilayah perbatasan sekaligus meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.


"Jalan ini secara aspek pertahanan akan memperlancar pelaksanaan patroli pos-pos pengamanan perbatasan dalam melaksanakan tugasnya. Di samping itu juga akan membantu masyarakat meningkatkan ekonomi. Karena masyarakat di kampung-kampung yang selama ini belum ada jalan, maka (jalan) ini bisa dimanfaatkan. Sebagai contoh, jika masyarakat di dalam (desa) sana akan ke Entikong, itu diperbolehkan menggunakan jalur ini," jelas Subagyo saat kunjungan ke proyek pembangunan di Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Sabtu (3/10).


Subagyo menambahkan, jalan inspeksi dan patroli ini juga akan memudahkan petugas menindak kejahatan di wilayah perbatasan. Menurutnya, pembangunan jalan inspeksi dan patroli ini tak mudah. Sebab, timnya harus menerobos hutan lebar dan topografi yang terjal.


Proyek yang mulai digarap September lalu ini tak hanya berupa jalan patroli, tetapi juga jalan administrasi yang menghubungkan desa terdekat dengan pos perbatasan. Lainnya, untuk mendukung infrastruktur pengawasan perbatasan, kementerian pertahanan juga menambah 23 pos pantau dan merenovasi 20-an pos pengamanan, sehingga total ada 97 pos pengamanan. 

  • Kemenhan
  • JIPP
  • Kalimantan Barat
  • Jalan Inspeksi Patroli Perbatasan
  • Pembangunan jalan
  • Perbatasan Indonesia Malaysia
  • Pos Pemantau Perbatasan
  • Entikong
  • Sanggau

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!