BERITA

Gunung Barujari Meletus Pagi Tadi

"Tim akan memasang kamera pemantau pekan depan terkait aktivnya gunung Barujari."

Gunung Barujari Meletus Pagi Tadi
Ilustrasi: meletusnya gunung Gamalama (Foto: Idhar/KBR)

KBR, Lombok- Pos penjagaan pintu Sembalun gunung Rinjani menyebut telah terjadi letusan gunung gunung Barujari dengan ketinggian lebih dari 600 meter. Gunung Barujari terletak di sisi timur kaldera Rinjani.

Kontributor KBR melaporkan petugas semakin mengintensifkan himbauan untuk tidak naik ke gunung Rinjani. Untuk pemantauan gunung yang kini berstatus siaga tersebut. Pekan depan, petugas akan memasang kamera pengawas atau CCTV untuk pemantauan gunung tersebut. 

"Tim dari TNGR (Taman Nasional Gunung Rinjani-red)  sudah disiapkan untuk berpatroli di semua pintu masuk. Dan semua wisatawan sudah tidak ada semenjak dari tanggal 27 Oktober setelah malam ritual umat Hindu. Dari saat itu hingga kini, tidak ada boleh yang mendaki," ujar kontributor KBR, Hanapi yang ikut memantau gunung Barujari bersama tim TNGR, Sabtu (31/10).

Sebelumnya pengelola TNGR resmi menutup jalur pendakian pada 28 Oktober lalu. Letusan dari gunung Barujari itu dikhawatirkan membawa serta gas beracun. Tim bersama kepolisian juga telah mengevakuasi ratusan umat Hindu yang tengah menjalankan ritual keagamaan, sehari sebelum penutupan gunung Rinjani.  

Editor: Dimas Rizky

  • bencana alam
  • Gunung Meletus
  • Gunung Barujari Meletus
  • berita

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!